Bolehkah Turnamen Mini saat Jeda Kompetisi Liga 1?

Arema vs PSIS: Singo Edan Tanpa Empat Pilar - JPNN.COM

jpnn.com, MALANG – Jeda kompetisi Liga 1 yang cukup panjang karena Asian Games 2018, membuat klub-klub membutuhkan serangkaian uji coba agar mesin tetap panas. Situasi itu membuat Arema FC sempat berinisiatif melaksanakan turnamen mini.

Rencana Singo Edan itu bahkan mendapatkan sambutan positif dari beberapa klub Liga 1. Mereka antara lain Madura United, Persela Lamongan dan Persija Jakarta. Sayang, keinginan Arema itu terancam kandas.

”Apakah bisa klub Liga 1 menggelar turnamen di sela Asian Games? Itu yang belum terkonfirmasi,” kata Media Officer Arema FC Sudarmaji.

Memang, sempat ada larangan menggelar turnamen di sela Asian Games 2018. Larangan diberlakukan agar fokus masyarakat terpusat kepada ajang multievent empat tahunan tersebut. Meski begitu, COO PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigorshalom Boboy mengaku bahwa belum ada edaran resmi dari pemerintah.

Menurutnya, tidak ada larangan bagi sesama tim Liga 1 untuk melakukan uji coba selama jeda kompetisi. ”Kami memahami bahwa klub dan pemain membutuhkan uji coba untuk bisa menjaga performa,” terang Tigor.

Namun, Tigor belum memastikan apakah klub bisa menggelar turnamen mini. Sebab, kompetisi diliburkan memang bertujuan untuk mendukung Asian Games 2018.

”PT LIB tidak melarang klub yang ingin membuat turnamen. Kalau urusannya dengan keamanan domainnya sudah ke kepolisian,” tambah Tigor.

Meski belum jelas, namun manajemen Arema FC masih berharap agar turnamen mini bisa digelar.