Bolehkah Olahraga Saat Sedang Flu?

Virus Flu Maut Serang AS dan Inggris, Sudah Ratusan Tewas - JPNN.COM

Selasa, 19 November 2019 – 21:34 WIB

jpnn.com – Olahraga membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit akibat infeksi virus atau bakteri. Saking besar manfaatnya, tidak sedikit orang yang tetap olahraga saat sedang flu. Anda salah satunya?

Tidak dimungkiri, penelitian telah membuktikan bahwa olahraga selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu memang bisa membuat sel darah putih—yang berperan melawan infeksi—untuk beredar lebih cepat di dalam tubuh dan melakukan tugasnya dengan baik.

Tidak berhenti di situ, para pakar kesehatan juga setuju bahwa olahraga dapat membantu mengurangi kadar stres dan membuat tidur lebih berkualitas. Dengan olahraga rutin, fungsi tubuh secara keseluruhan juga tetap terjaga dengan optimal.

Akan tetapi, segala manfaat yang ditawarkan olahraga bisa sirna seketika apabila Anda melakukannya terlalu berlebihan. Faktanya, terlalu banyak olahraga seperti menghabiskan waktu berjam-jam di gym atau lari maraton malah dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda. Olahraga ekstrem dapat menurunkan jumlah sel darah putih dan meningkatkan kadar hormon stres dalam darah.

Lalu, bagaimana dengan olahraga saat flu? Apakah hal ini akan membawa manfaat atau justru sebaliknya?

Olahraga saat sedang flu

Berikan waktu bagi tubuh Anda untuk pulih. Daya tahan tubuh Anda akan bekerja dengan baik ketika sedang tidak kewalahan untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh.

Biasanya, seseorang yang terkena flu akibat terinfeksi virus influenza akan mengalami penurunan fungsi dan daya tahan tubuh selama 2 hingga 5 hari. Ketika flu disertai demam, itu tandanya tubuh Anda berisiko lebih tinggi untuk kekurangan cairan alias dehidrasi.