Bocah WNA Argentina yang hilang selama sepkan akhirnya ditemukan

Bocah WNA Argentina yang hilang selama sepkan akhirnya ditemukan

WN Argentina, Elizabeth Avalos, 27, mencari putrinya, Alum Langone Avalos
(Miftahulhayat/Jawa Pos)

JawaPos.com – Alum Langone Avalus, bocah warga negara asing (WNA) asal Argentina yang dinyatakan hilang hampir sepekan ini, akhirnya berhasil ditemukan, Selasa (6/2). Kepolisian Resor (Polres) Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) menemukan bocah berkewarganegaraan asing (WNA) asal Argentina itu. Sebelumnya, Alum resmi dinyatakan hilang setelah beredar informasi melalui akun Twitter resmi Dinas Sosial DKI Jakarta @dinsosDKI1, Kamis 1 Februari 2018 lalu.

Saat ditemukan, bocah itu sedang bersama dengan ayah kandungnya Jorge Langone dan teman wanitanya Candela Gutierrez. Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani mengungkapkan, bocah 7 tahun itu ditemukan di salah satu restoran di Kelurahan Panta’nakan Lolo, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Selasa, 6 Februari 2018, siang tadi.

“Setelah dapat laporan anggota, kemudian langsung menindaklanjuti, dengan melakukan upaya pencarian dalam waktu 2 x 24 jam dan anak itu akhirnya ditemukan,” kata Dicky saat dikonfirmasi.



Dicky menuturkan, sang ayah bersama pasangannya sebenarnya menculik Alum saat berada di sekolah di Argentina. Pasangan itu kemudian membawa Alum keluar dari Argentina secara ilegal.

“Mereka mulai perjalanan dari Argentina ke Bolivia, Brasil, Malaysia hingga masuk ke Indonesia melalui Batam. Perjalanan di Indonesia mereka mulai Batam ke Jakarta, Enrekang sampai akhirnya mereka berada di Toraja,” tutur Dicky.

WN Argentina, Elizabeth Avalos, 27, mencari putrinya, Alum Langone Avalos
(Miftahulhayat/Jawa Pos)

Lebih lanjut kata Dicky, berdasarkan informasi yang diperoleh dari ibu kandung Alum bernama Elizabeth, ayahnya telah membawa Alum ke luar Argentina pada 4 Juni 2016 lalu. Sejak saat itu ibunya tidak pernah mendengar kabar tentang Alum lagi.

“Ayahnya telah menjauhkan Alum dari sekolah, keluarga, dan ibunya. Sekarang Kapolres Tana Toraja bersama Kasat Serse dan jajarannya akan berangkat ke Makassar ini membawa ayah Alum dan pasangan ayahnya untuk diserahkan ke Polda Sulsel,” tutup Dicky.


(ce1/rul/JPC)