BNNP Kepri Tekankan Pentingnya Petugas Lapas Berintegritas

JawaPos.com – Lembaga pemasyarakatan (lapas) di Kepulauan Riau (Kepri) menjadi sorotan di penghujung 2018. Ada sejumlah narapidana (napi) yang kedapatan memiliki narkoba meski sudah mendekam di balik jeruji besi.

Misalnya di Lapas Kelas II A Tanjungpinang, Batu 18, Kecamatan Gunung Kijang, Tanjungpinang, Kepri. Petugas menemukan paket sabu saat mengecek kesehatan penghuni sel tahanan di Klinik Lapas, Rabu (19/12).

Minggu (28/10) lalu, petugas Lapas Kelas II Barelang juga mengamankan seorang CPNS yang membawa sabu di dalam tas miliknya. Ia menjadi komplotan dari seorang napi di lapas.



Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri Brigjen Pol Richard Nainggolan lantas menyikapi kondisi ini. Menurutnya, petugas lapas memiliki peran penting dalam mengatasi atau memutus alur peredaran narkotika di Lapas.

Untuk itu, peningkatan kapasitas dan integritas para petugas lapas menjadi sangat penting. Disamping tetap menjaga berjalannya aturan-aturan yang mengikat pada warga binaan.

Petugas BNN hanya memiliki kewenangan pengawasan dari luar. Sementara untuk sampai pada pengawasan di dalam sudah menjadi tanggung jawab pihak lapas. “Pengawasan BNNP tetap dilakukan bersama-sama. Tapi memang petugas lapas memiliki peran utama dalam memastikan terjaganya lapas dari narkoba,” kata Richard di Batam, Sabtu (22/12).

Sinergi antara petugas lapas yang melakukan pengawasan dari dalam dan petugas BNN bersama instansi terkait yang melakukan pengawasan dari luar, menjadi kunci utama. Selain pengawasan, juga harus ada penyelesaian terkait masih banyaknya warga binaan yang statusnya pecandu narkoba. “Pecandu yang ditahan harus ditangani juga. Sepanjang tidak dilakukan, kejadian ini akan terus terulang,” tukas Richard.

Terkait upaya menghadirkan petugas lapas yang berintegritas, BNNP Kepri sudah melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya kerja sama dengan Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) untuk membentuk relawan antinarkoba di lapas. “Relawan-relawan ini kami harapkan bisa menularkan semangat integritas kepada petugas lain,” ucap Richard.

(bbi/JPC)