BNI Raih Predikat Sebagai Perusahaan Terpercaya 2019

JawaPos.com – Bank Negara Indonesia (BNI) berhasil menyabet gelar sebagai Most Trusted Company Based on Corporate Governance Perception Index (CGPI) Tahun 2019. Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Human Capital dan Kepatuhan BNI Endang Hidayatullah. Penilaian tersebut atas dasar baiknya perusahaan menjalankan Good Corporate Governance (GCG) secara berkelanjutan secara konsisten.

Salah satu juri, yakni Chief Editor SWA Group Kemal Effendi Gani menyebutkan, pemberian penghargaan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada korporasi yang terus menjalankan GCG. Pasalnya, hal tersebut merupakan suatu syarat agar korporasi dapat terus tumbuh.

“Tahun ini temanya adalah Penguatan platform Bisnis dalam kerangka GCG karena kami ingin menekankan bahwa apapun usaha korporasi dalam mengembangkan usaha, harus tetap dalam kerangka disipilin GCG. Apalagi dalam kondisi bisnis yang banyak tantangan saat ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (12/12).

Juri lainnya berasal dari Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG), Chairman IICG Gendut Suprayitno yang menyebutkan tujuan pelaksana menggelar survei dan penilaian berkaitan GCG adalah dalam rangka meningkatkan pelaksanaan tersebut. Periode yang dinilai berasal pada 2018, akan tetapi penilaiannya dilaksanakan di 2019 dan akan terus berlanjut di masa mendatang.

Sumber penilaian yang masuk berasal dari pihak internal dan eksternal mencapai ribuan. Pihak itulah yang memilih siapa yang layak mendapatkan predikat perusahaan terpercaya di Indonesia.

“Tema CGPI 2019 ini kami memiliki tema, yakni Membangun Keunggulan Bersama dalam kerangka GCG. Sampai jumpa pada tahun 2020,” terang Gendut.

BNI terpilih berdasarkan beberapa aspek, seperti kepatuhan perusahaan pada regulasi yang berlaku serta kinerja perusahaan dalam terus tumbuh dan mendapatkan profit. “Tingkat persaingan yang sangat keras saat ini menuntut agar setiap pelaku usaha untuk membuat GCG tetap relevan,” lanjut Kemal.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking