BMKG Sebut Terjadi 22 Kali Gempa Susulan di Donggala






JawaPos.com – Badan Metereologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG) mencatat hingga pukul 20.00 WIB, telah terjadi 22 gempa susulan di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa tersebut dengan magnitude terbesar 6,3 dan terkecil 2,9 skala richter (SR).





“Gempa bumi ini dirasakan di Palu, Donggala, Gorontalo dan Poso,” kata Kasubbid Informasi BMKG Harry Tirto saat dikonfirmasi, Jumat (28/9).





Harry menjelaskan, dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar Palu Koro.





“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (Slike-Slip),” ungkapnya.





Kendati demikian, lanjut Harry, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan BPBD setempat, serta informasi dari BMKG.





“Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami,” tandasnya.






Sebelumnya, pusat gempa diketahui 2 kilometer arah utara Kota Donggala pada kedalaman 10 kilometer pada pukul 14.00 WIB. Sumber gempa berasal dari sesar Palu Koro.






Berdasar analisis peta guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Donggala IV MMI, Palu III MMI, Poso II MMI).





(yes/JPC)