BMH Upgrade Skill Petugas lewat Diklat

KOTA BATU Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) terus dilakukan Baitul Maal Hidayatullah (BMH). Salah satunya dengan menggelar pelatihan atau diklat yang mulai dilaksanakan kemarin (8/10) di Jalan Indragiri, Gang 6, Sumberejo, Kota Batu. Berlangsung selama empat hari, diklat  tersebut mengambil tema Medical First Responder and Ambulance Crew.

Tujuan utama diklat adalah membekali peserta untuk melakukan pertolongan pertama pada korban. ”Sehingga diharapkan para kru mobil ambulans BMH memiliki kemampuan meminimalisasi risiko saat menangani korban bencana atau korban kecelakaan,” terang Irawan Harun, kepala Divisi Diklat SAR Nasional Hidayatullah.

Sebanyak 50 perwakilan BMH ikut dalam diklat tersebut. Mereka berasal dari beberapa wilayah yang khusus mengoperasikan mobil ambulans. Mereka adalah perwakilan BMH dari Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Bandung, Samarinda, hingga Batam.

Humas BMH Jatim gerai Malang Ruwiyanto SKom menambahkan, BMH Malang men-support penuh diklat tersebut untuk meningkatkan skill peserta. ”Materi yang diterima peserta akan menambah wawasan tim kami, terutama yang menangani bidang kesehatan,” bebernya.

Manajer Operasional BMH Jatim Gerai Malang Sony Abdul Karim SPdI menambahkan, ada empat peserta dari Klinik Hidayatullah Malang yang mengikuti diklat nasional tersebut. ”Alhamdulilah, karena lokasi diklat di Kota Batu, jadi kami bisa mengirimkan empat peserta,” terangnya. Apalagi secara geografis, Kota Batu dan Malang juga termasuk wilayah yang rawan terjadi bencana longsor.



Pewarta: Adela Oki
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Ahmad Yani