BMH Suport UM Berikan Hibah Alat Pembuat Sandal Spons Kepada Eks ODGJ Desa Wonorejo

Ruwiyanto (tengah) diapit Kepala Desa Wonorejo Poniman (no. 3 dari kanan ) dan dr Widya Damayanti MMrs Kepala Puskesmas ardimulyo Singosari (no. 4 dari kiri) di Balai Desa Wonorejo Kecamatan Singosari

MALANG – Ratusan warga berkumpul di Balai Desa Wonorejo Kecamatan Singosari, Senin (6/8). Mereka mengikuti sosialisasi program hibah bina desa serta pemberian alat pembuat sandal spons dari Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM).

Dalam kegiatan yang didukung oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jatim gerai Malang ini, warga terlihat antusias.

Selain memberikan alat pembuat sandal spons, pada kegiatan tersebut juga digelar layanan kesehatan gratis yang di dukung oleh tim medis dari Puskesmas Ardimulyo Singosari.

Kepala Puskesmas Ardimulyo Singosari dr Widya Damayanti MMRS mengungkapkan, tujuan dari kegiatan sosial program hibah bina desa bersama layanan kesehatan gratis tersebut untuk meningkatkan kesehatan serta untuk membantu meningkatkan perekonomian warga.

“Harapan saya, warga Desa Wonorejo perekonomiannya bisa lebih baik serta melatih untuk lebih peduli dengan eks ODGJ (orang dengan gangguan jiwa). Sehingga keberadaannya nanti juga lebih bisa diterima,” kata Widya di sela-sela acara sosialisasi.



Perempuan berkacamata tersebut menambahkan, pihaknya telah menerjunkan 6 tim medis untuk melayani pemeriksaan kesehatan warga.

“Kami juga membawa obat-obatan untuk melakukan screening masyarakat umum, bila hasil screening terdapat gangguan pada masyarakat yang telah kami periksa, maka akan saya arahkan ke poskesdes,” tambahnya.

Sementara itu, Humas dan Bagian Program Pendayagunaan BMH gerai Malang Ruwiyanto SKom menambahkan, program peningkatan kualitas hidup lebih baik khusus eks. ODGJ telah di lakukan BMH dengan menggandeng berbagai pihak di Desa Wonorejo.

“Alhamdulillah selama ini, BMH yang didukung dari RSJ Lawang, TKSK Kecamatan Singosari, serta pemerintahan desa telah mendorong dan memberikan bantuan berupa alat serta bahan baku pembuatan keset kepada eks. ODGJ,” kata Ruwiyanto dalam sambutannya.

Harapannya, sinergi program yang baik tersebut tidak berhenti sampai pemberian alat saja, namun ada kesinambungan supaya perekonomian warga bisa terbantu secara maksimal.

Turut hadir pada acara tersebut di antaranya Dekan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang Prof Fatah Hanurawan beserta puluhan mahasiswanya. Lalu ada tim medis dari RSJ dr Radjiman Weidyodiningrat Lawang, Kepala Desa Wonorejo dan Relawan eks ODGJ.

Pewarta : Ruwiyanto
Editor : Kholid Amrullah
Fotografer: Ruwiyanto