Blibli The Big Start Season 4 Siap Digelar, Tantang UMKM Go Digital

JawaPos.com – Blibli.com untuk keempat kalinya menyelenggarakan The Big Start (TBS). TBS sendiri merupakan sebuah ajang kompetisi wirausaha tahunan bagi creativepreneur muda untuk mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih melek digital.

TBS Season 4 kali ini bertemakan Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu. Blibli mengklaim acara tersebut didukung penuh oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Adapun The Big Start Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar.

Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian mengatakan, besarnya kontribusi usaha kreatif bagi PDB lndonesia menunjukkan bahwa para creativepreneur muda mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekenomian nasional. “Agar semakin mendorong potensi creativepreneur, Blibli.com berkomitmen untuk memainkan perannya sebagai mal online dalam meningkatkan kapasitas creativepreneur untuk memenangkan pasar,” katanya saat peluncuran Blibli The Big Start Season 4 di Jakarta, Rabu (19/6).

Lebih jauh pihaknya mengklaim, Blibli.com akan memperkuat kapasitas creativepreneur dengan membantu mereka menjawab tantangan-tantangan tersebut melalui dua inisiatif, yaitu kompetisi TBS sebagai titik awal mencari creativepreneur dengan usaha menjanjikan. Kemudian, Galeri lndonesia, kategori khusus usaha kreatif di Blibli.com akan bertindak sebagai platform penjualan dan pembinaan yang berkelanjutan untuk para creativepreneur.



“Kami akan mengusung pendekatan pemasaran terkini, yaitu Marketing 4.0 pada kedua inisiatif ini. Marketing 4.0 mengutamakan kolaborasi, jaringan, serta sinergi antara online dan offline dalam mengembangkan usaha di era digital. Hal ini sangat cocok bagi Blibli.com dan para creativepreneur karena melalui TBS dan Galeri Indonesia, kami akan membantu usaha kreatif dari segi konten pemasaran digital hingga jaringan dengan pasar lokal dan internasional. Tujuan akhirnya adalah memberi creativepreneur modal kemampuan untuk melayani pasar yang mereka tuju,” tambah Andy.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Direktorat Industri Kecil, Menengah (IKM) dan Aneka Kemenperin Eddy Siswanto menyebut, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pada 2018 pertumbuhan ekonomi mencapai 5,17 persen. “Dari pertumbuhan tersebut sektor industri memberikan kontribusi 19,86 persen. Sektor industri menyerap 15,6 juta tenaga kerja dengan 10,5 juta tenaga kerja di antaranya merupakan tenaga kerja yang terserap dari sektor IKM. IKM merupakan faktor penting mendukung perkembangan ekonomi nasional,” ungkapnya.

Dia menyebut, Dirjen IKM memiliki kegiatan terkait pembinaan industri di daerah. Kegiatan tersebut berupa pembinaan. Program yang dilakukan Blibli juga disebut membantu pemerintah mengembangkan sektor industri, utamanya di sektor industri 4.0.

Para creativepreneur sudah bisa mendapatkan informasi dan mendaftarkan diri di kompetisi lewat situs The Big Start Blibli.com hingga batas akhir Agustus 2019. Para creativepreneur juga dapat mendaftarkan diri di roadshow The Big Start yang akan berlangsung di Bandung (12-14 Juli), Yogyakarta (19-21 Juli), dan Surabaya (2-4 Agustus).