BKD dan Kejari Turun Tangan Sosialisasikan Pajak

AMONGTANI – Tidak sedikit pemilik usaha di Kota Batu selama ini yang masih belum taat pajak. Karena itu, sosialisasi dan penyuluhan hukum perpajakan guna meningkatkan kepatuhan wajib pajak terus dilakukan. Hal ini dilakukan oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu kemarin (11/12).

Beberapa tempat pun, kemarin didatangi langsung petugas BKD dan kepala bidang (kabid) penagihan beserta tim Peningkatan Kepatuhan Pajak Kejari Kota Batu. Di antaranya, Hotel Alpines, Hotel Songgoriti Air Panas, dan Warung Wareg.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Batu Suliana SSos menyatakan, sebagian masyarakat wajib pajak khususnya para pengusaha di Kota Batu masih belum mengerti tentang tata cara pembayaran pajak.

Sehingga perlu dilakukan sosialisasi untuk mewujudkan tatanan masyarakat yang paham. ”Atas dasar inilah, maka sosialisasi penyuluhan hukum perpajakan dilakukan,” katanya. Jika kepatuhan wajib pajak meningkat, bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Dari PAD itu pun nantinya dikembalikan pada masyarakat berupa pembangunan dan lainnya. ”Dalam penyuluhan tersebut, Kejaksaan Negeri Kota Batu menyampaikan materi singkat tentang dasar-dasar hukum dan cara menyampaikan laporan, apabila ada pelanggaran hukum yang terjadi di masyarakat,” jelasnya.

Menurut Suliana, penyuluhan hukum perpajakan merupakan program rutin tahunan BKD Kota Batu dengan Tim Peningkatan Kepatuhan Pajak dari Kejari Kota Batu. ”Tahun ini sudah ketiga kalinya melakukan penyuluhan dan ini akan berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya,” pungkas Suliana.

Pewarta : Nugraha
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro