Bisnis Sansivera, Penyerap Polutan yang Menjanjikan

KOTA BATU – Bagi sebagian orang, nama tanaman hias Sansivera cukup asing di telinga. namun dalam dua tahun terakhir, tumbuhan penyerap polutan ini mulai dilirik oleh masyarakat.

“Bisa menyerap polusi sekaligus murah membuatnya banyak diminati konsumen dan menjaditren saat ini,” jelas Andryansyah Kusuka, salah satu petani sansivera.

Dijelaskan lebih jauh, Andry membeberkan bahwa tanaman sansivera ini merupakan tanaman yang sangat mudah perawatannya. Apalagi jika ingin dijadikan sebagai prospek bisnis, ia bahkan mengaku bahwa dengan berdagang tanaman sansivera maka setidaknya dirinya bisa meraup penghasilan sebesar Rp 20 juta per bulan.

“Padahal untuk membeli tanaman hanya membutuhkan uang Rp 10 ribu saja. Lalu setiap empat bulan sekali akan keluar anakan sansivera minimal 4 tunas,” terangnya.

Ia menambahkan harga satu tunas sendiri sudah bisa dijual dengan harga sekitar Rp 10 ribu.

Kepada radarmalang.id, Ardyansyah mengaku telah menggeluti tanaman sansivera ini selama 10 tahun dan harga dari tanaman sansivera tidak pernah turun sekalipun. “Soalnya memang tanaman yang cocok dibudidayakan di kawasan tropis dan Indonesia menjadi satu-satunya tanaman terbaik di Indonesia. Apalagi terdapat sansivera dengan varietas lain seperti golden hanii atau god flame, harganya pasti di atas Rp 10 ribu,” tukasnya.

Pewarta Choirul Anwar
Foto Choirul Anwar
Penyunting: Fia