Bicara di Forum IAID, Jokowi: Indonesia Is Your True Partner, Your Trusted Friend

Bicara di Forum IAID, Jokowi: Indonesia Is Your True Partner, Your Trusted Friend - JPNN.COM

jpnn.com, BALI – Presiden Joko Widodo alias Jokowi pamer pembangunan infrastruktur saat menjadi pembicara kunci dalam forumm Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) 2019, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Selasa (20/8).

Forum yang dihadiri oleh ratusan peserta dari seluruh negara Afrika merupakan kelanjutan dari Indonesia-Africa Forum (IAF) yang diselenggarakan April 2018, di mana negara-negara peserta menjadikan infrastruktur sebagai isu utama.

BACA JUGA: Jokowi Kepada Pace, Mace, dan Mama di Papua: Saya Memahami Perasaan Kalian

Makanya dalam foroum IAID di Bali, Jokowi memamerkan bahwa dalam lima tahun terakhir, Indonesia memberikan perhatian besar bagi pembangunan infrastruktur. Di antaranya berupa 782 kilometer jalan tol, 3.387 kilometer jalan umum nasional, lebih dari 191 ribu kilometer jalan desa, dan 15 bendungan besar untuk memperkuat sektor pertanian.



“Bagi kami pembangunan infrastruktur ini untuk mencapai banyak tujuan. Infrastruktur dapat mempersatukan bangsa dan mempererat kebinekaan kami di Indonesia,” kata Presiden ketujuh RI itu.

infrastruktur yang dibangun Indonesia juga dimaksudkan untuk memperbaiki pemerataan pembangunan dan menjangkau daerah-daerah terluar. selain itu juga untuk meningkatkan konektivitas dan memperbaiki disparitas harga serta kesenjangan ekonomi.

Indonesia ingin agar kesuksesan dan hasil pembangunan yang selama ini dilakukan juga dapat dirasakan oleh negara-negara sahabat Indonesia, khususnya Afrika. Indonesia juga bersedia berbagi pengalaman dan bekerja sama lebih jauh untuk kesejahteraan bangsa Indonesia dan bangsa Afrika.

“Mari kita bangun negeri kita. Kita perkuat infrastruktur antarnegara kita untuk meningkatkan konektivitas antara Indonesia dan Afrika, untuk meningkatkan arus perdagangan antara Indonesia dan Afrika yang dapat meningkatkan perekonomian kita yang mampu memberikan kesejahteraan bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa di Afrika,” tururnya.