Biayai Rumah ASN Setneg, BNI Syariah Incar Bisnis Rp 43,2 Miliar

JawaPos.com – BNI Syariah, Kementerian Sekretariat Negara, dan PT Barokah Syariah Syariah Properti menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait pembiayaan pemilikan rumah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Penandatangan MoU dilakukan di aula Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (17/10).

Kepala Divisi Pembiayaan Konsumer BNI Syariah Mochamad Samson mengatakan, BNI Syariah menyediakan fasilitas pembiayaan kepemilikan rumah hasanah (BNI Griya iB Hasanah) bagi ASN. Hunian tersebut dibangun PT Barokah Syariah Properti. “Selain penyediaan perumahan ke ASN, kerja sama ini juga terkait pemanfaatan produk dan jasa perbankan syariah,” kata Mochamad Samson.

Ditargetkan sebanyak 300 ASN di lingkungan Setneg bisa melakukan pembiayaan perumahan di BNI Syariah. Total unit rumah yang dikerjasamakan ada sebanyak 336 unit dengan harga mulai Rp 300 juta.

Target bisnis kerjasama ini diperkirakan mencapai Rp 43,2 miliar. Selain bisnis pembiayaan perumahan, BNI Syariah menargetkan pembiayaan lain seperti BNI Fleksi iB Hasanah, BNI Fleksi Umroh iB Hasanah, dan BNI iB Hasanah Card.

Sementara itu, SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi mengatakan sebagai banking partner, BNI Syariah tetap menomorsatukan prinsip syariah dalam kerjasama ini.

“Setelah kerjasama MoU ini ke depan akan dilanjutkan dengan perjanjian kerja sama (PKS) antara pihak terkait,” kata Iwan.

Direktur Utama PT Barokah Syariah Property menambahkam Asyifa Tadjudin, membangun kawasan perumahan Setneg Citayam sebanyak 336 unit di Citayam, Kecamatan Ragajaya dengan luas kurang lebih empat hektare. Dibangun sejak tahun 2019.