Biar Olahragamu Tak Sia-sia, Ikuti Prinsip BBTT ala Dinkes Kota Malang Ini

KOTA MALANG – Mulai bergesernya tren kasus penyakit dari yang menular ke yang tidak menular membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menggencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Digaungkan sejak tahun 2018, Germas berfokus pada beberapa poin, dimana salah satunya adalah olahraga secara teratur.

Meskipun olahraga sejatinya tidak memiliki peraturan baku, namun Dinkes Kota Malang menyarankan masyarakat memakai prinsip BBTT saat berolahraga. Apa itu BBTT? BBTT adalah kepanjangan dari Baik, Benar, Terukur dan Teratur.

“Perlu dipahami ini, soalnya belum banyak yang mengetahui dan apabila tidak diikuti prinsip olahraga BBTT ini maka ya kecil kemungkinannya terjadi peningkatan kebugaran jasmani yang optimal,” papar Kepala UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Olahraga (PPKO), Kusbianto.


Dinkes Kota Malang melalui PPKO menyarankan masyarakat menjalankan prinsip BBTT ini saat berolahraga agar memperoleh manfaat yang diharapkan dan terhindar dari cidera. Selain hal itu, Kusbianto berujar jika masyarakat berolahraga dengan memakai prinsip BBTT maka ia telah ikut berkontribusi bagi diri dan tubuhnya sendiri.

“Dengan olahraga BBTT maka kita akan dapat mencegah datangnya penyakit tidak menular dari dalam diri,” ujarnya. Penyakit tidak menular ini macam-macam, seperti jantung, diabetes, hipertensi, kanker, osteoporosis, dan lain sebagainya.

Menurutnya, dengan bergerak dan olahraga teratur, maka otomatis bisa menghindari berbagai penyakit berbahaya. “Juga dapat meningkatkan derajat kesehatan, kebugaran, dan mendukung produktifitas kerja, banyak sekali manfaatnya” urai Kusbianto.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Adel
Penyunting : Fia