Biar Melek Literasi, PC ISNU Kabupaten Malang Gelar Tadarus Jurnalistik dan Menulis Buku Semalam

Para peserta Tadarus Jurnalistik yang diadakan oleh ISNU Kabupaten Malang, Sabtu (18/5)

MALANG – PC ISNU Kabupaten Malang menggelar Tadarus Jurnalistik dan Menulis Buku Semalam di MTs Nurul Huda Babadan Ngajum, Sabtu-Minggu (18-19/5/2019). Acara tersebut diikuti oleh mayoritas mahasiswa dari Kampus se Kabupaten Malang dan siswa-siswi MA Nurul Huda.

Mengawali kegiatan yang berlangsung dua hari itu, pembukaan kegiatan dihadiri oleh Drs. KH. Imam Makruf dari PCNU Kabupaten Malang dan KH. Nur Salim, Pengasuh PP Miftahul Huda Ngajum serta dewan guru MTs Miftahul Huda Babadan Ngajum.

Ketua PC ISNU Kabupaten Malang, Kyai Abdullah Sam, S.Psi dalam sambutannya mengajak genarasi muda NU untuk aktif dalam litarasi. Ia berharap dapat tercipta budaya literasi di kalangan kader-kader NU.

“Saat ini kita harus mulai mengalihkan diri dari budaya oral ke budaya letter,” ajak Abdullah yang juga sebagai Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin Sumberpucung itu.

Dirinya mencontohkan lahirnya tokoh-tokoh besar dunia yang lahir dari dunia menulis. “Jika kamu bukan anak siapa-siapa maka menulislah”, tuturnya.



Senada dengan Kyai Abdullah Sam, Drs. KH. Imam Makruf yang membuka kegiatan Tadarus Jurnalistik mengingatkan pentingnya menulis. Wakil Ketua PCNU Kabupaten Malang itu mencontohkan kepada para peserta untuk menulis hal-hal sederhana dari keseharian.

“Yang penting ditulis, ditulis dan ditulis dan terus dijaga jangan sampai hilang karena ilmu itu kesit,” tandasnya.

Output dari kegiatan ini diharapkan dapat lahir generasi muda NU yang memiliki kesadaran akan literasi. “Nantinya akan dibuat komunitas dan pertemuan lanjutan agar tidak putus ilmu yang diberikan hari ini,” pungkas Abdullah.

“Ssetelah kegiatan ini, peserta akan diajak membuat sebuat karya baik itu koran atau majalah sebagai hasil nyata dari program ini”, imbuhnya.

Sementara itu, bagi pengurus, malam ini juga akan melakukan giat menulis buku semalam. Pengurus ISNU Kabupaten Malang berkumpul dan akan menyelesaikan tulisan sesuai dengan tema yang diidekan untuk diterbitkan buku dalam semalam. (cha)

Penyunting : Kholid Amrullah