Biar Anak Gemar Makan Ikan, Ibu-Ibu PAUD Ikuti Kelas Memasak di Stadion Kanjuruhan

MALANG KOTA – Ikan kerap kali menjadi pilihan ke dua bagi anak-anak untuk dikonsumsi. Padahal, ikan kaya akan gizi, seperti omega tiga yang penting untuk pertumbuhan anak.

Karena itulah, Dinas Perikanan Kabupaten Malang menggelar kelas memasak dalam acara ‘Gemarikan Paud tahun 2019 se-Kecamatan Kepanjen’. Acara yang digelar di kompleks Stadion Kanjuruhan ini, diikuti oleh 175 wali siswa PAUD se-Kecamatan Kepanjen.

“Anak-anak itu malas makan ikan karena amis atau berduri. Lah masaknya cuma digoreng atau dibumbu gitu kan kurang variatif. Makanya anak-anak kurang minat,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati.

Dalam acara kelas memasak ini, dinas menghadirkan empat chef profesional. Mereka hadir untuk mengajari ibu-ibu memodifikasi olahan ikan.

“Buat katsu dari ikan, atau nugget dari ikan. Biar anak itu suka dan sehat,” tuturnya.

Atiek juga mengatakan, kalau ikan yang dipilih ini juga merupakan ikan yang sering dibudidayakan di Kabupaten Malang. Di antaranya lele dan nila.

“Kami pilih yang murah dan mudah dijumpai di kab. Malang seperti lele dan nila. Jadi selain sehat dan digemari, nantinya ini akan menumbuhkan bisnis budidaya ikan di Kabupaten Malang,” tuturnya.

Sementara itu, Endang salah satu wali murid PAUD sangat antusias dengan acara kelas memasak. Setelah acara ini, dia bakal memasak nugget ikan sesering mungkin untuk anaknya.

“Lah ternyata mudah nugget ikan ini. Bisa jadi pilihan sih biar tidak hanya digoreng atau dipepes aja. Kalau (anak saya) suka ya sering-sering ya,” ujarnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leabder
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor : Indra M