BI Optimistis Target Inflasi 3,5 Persen Tercapai

MALANG KOTA – Melihat realisasi dari inflasi November 2019, dan inflasi tahunannya atau year on year (YoY), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang optimistis target inflasi sebesar 3,5 persen sepanjang tahun ini bakal terpenuhi.

Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subkhan Aminurridho menjelaskan, dengan pencapaian inflasi sebesar 0,01 persen pada bulan ini atau 2,09 persen YoY di November, maka BI optimistis bahwa target inflasi tahunan sebesar 3,5 persen bisa dicapai. ”Namun demikian, kenaikan harga sebagai dampak momen Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) harus tetap menjadi perhatian,” ujarnya.

Inflasi Kota Malang pada November tercatat sebagai inflasi terendah dibandingkan dengan delapan kota di Jawa Timur lainnya. Kenaikan sejumlah komoditas bahan makanan sebagai andil inflasi kali ini cukup tertahan dengan turunnya beberapa komoditas transpor dan sandang.

Sementara itu, seperti yang pernah diberitakan Kepala Badan Pusat Statistika Kota Malang Sunaryo menyatakan, inflasi terendah ada di Kota Malang, dan tertinggi ada di Sumenep. ”Inflasi 0,01 persen itu dari 7 kelompok pengeluaran, kecuali sandang, komunikasi, dan jasa keuangan,” terangnya.

Inflasi pada kelompok bahan makanan, terutama kenaikan daging ayam ras dan telur. Selanjutnya pada sektor perumahan, yakni kontrak rumah, tarif bimbingan belajar, dan kesehatan.

Demikian juga dampak dari kenaikan cukai rokok yang berlaku 1 Januari 2020 juga mulai tampak. Hal itu ditandai pada kenaikan sigaret kretek mesin (SKM) dan sigaret putih mesin (SPM).

Terpisah, Ketua Harian Forum Masyarakat Industri Rokok Seluruh Indonesia (Formasi) Heri Susianto menyatakan, kenaikan harga rokok pada November tidak dapat dihindari menyusul adanya kebijakan kenaikan tarif cukai rokok yang berlaku di Januari 2020 nanti.

”Dengan begitu, maka ketika harga rokok sudah harus mengacu tarif cukai rokok dan harga jual eceran yang baru, maka konsumen tidak kaget lagi,” tutupnya.

Pewarta : Wasyi’un
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Mardi Sampurno