BI Optimistis Perekonomian Indonesia Tetap Stabil Jelang Akhir Tahun

JawaPos.com – Bank Indonesia (BI) menyatakan optimismenya perekonomian Indonesia tetap stabil hingga tutup tahun. Apalagi, fundamental perekonomian terjaga dengan baik sepanjang 2019.

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti menyebutkan bahwa hal tersebut dapat terlihat dari kebijakan pengaturan uang yang beredar dirasa cukup berhasil. Menurutnya, BI mampu menjaga stabilitas nilai rupiah yang saat ini berada di posisi Rp 14.095 per USD hingga perdagangan Jumat (29/11) lalu.

“BI cukup berhasil untuk bisa menjaga stabilitas rupiah maupun nilai tukar, dengan segala macem pengembangan instrumen yang dilakukan BI. Kalau kita lihat Indonesia, kita lihat dari sisi ekonominya, kita relatif stabil, dalam kondisi global yang terpuruk, kita masih bisa bertahan tumbuh 5%, kita punya domestic economy walaupun saat ini kontribusi lebih besar dari konsumsi masyarakat,” ujarnya di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat malam.

Selain itu, potensi investasi Indonesia untuk menggaet investor pun masih terus tumbuh. Pasalnya, pemerintah melakukan beberapa langkah untuk mendorong invetasi masuk ke Indonesia.

“Belakangan banyak upaya pemerintah untuk meningkatkan iklim investasi, termasuk Omnibus Law dan sebagainya,” kata dia.

Terlebih lagi, Destry menilai pengeluaran dan pendapatan pemerintah berada diposisi yang cukup positif. Ditambah dengan kebijakan investasi yang lebih menarik dibandingkan negara yang lain.

“Kami melihat di 2020 nanti, kita akan melihat situasi investor asing akan tetap menarik dan menjadi tempat investasi apakah investasi riil dalam bentuk FDI (foreign direct investment) ataupun portfolio investment,” tuturnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking