BI Gandeng 13 Bank Siapkan Mobil Keliling untuk Penukaran Uang Pecahan

Mobil penukaran uang pecahan melayani masyarakat di halaman belakang BI Malang

MALANG KOTA – Menyambut lebaran, BI (Bank Indonesia) siapkan mobil kas keliling yang melayani penukaran uang. Tak tanggung – tanggung, sekitar Rp 740 juta tiap harinya akan dilayani mulai Senin, (28/5). Kas keliling akan berlangsung hingga 8 Juni mendatang.

Dudi Herawadi, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Malang menyampaikan, pihak BI dan 13 bank lainnya baik konvensional maupun syariah telah siap berkeliling untuk melayani penukaran uang pecahan. “Sebanyak 14 mobil kas keliling kita lepas hari ini. Penukaran uang kecil yang sudah disiapkan mulai pecahan Rp 2.000 sampai Rp 20.000 yang dibagi dalam 200 paket uang,” ujarnya.

Sebanyak 74 titik outlet bank umum dan 46 titik outlet BPR di wilayah kerja BI telah disiapkan untuk penukaran uang. Antusias masyarakat kali ini dinilai meningkat. Tahun ini, BI telah menyiapkan Rp 3,9 triliun uang kartal menjelang Lebaran.

Bagi masyarakat yang ingin menukar uang melalui kas keliling dibatasi Rp 3,7 juta per hari. Yang unik, setelah proses penukaran uang masyarakat wajib mencelupkan jari mereka ke dalam tinta layaknya selesei pemilu. “Agar tidak terjadi penumpukan penukar pada hari yang sama. Tintanya tidak akan hilang dalam beberapa hari ke depan. Jadi mereka yang akan menukar uang di hari berikutnya akan mudah teridentifikasi,” imbuhnya.

Diketahui, mobil kas keliling penukaran uang tersebut akan berpusat di lapangan parkir Stadion Gajayana, Balai Kota Malang, lokasi pasar murah wilayah Malang, Batu, dan beberapa daerah lainnya. Mobil ini akan mulai beroperasi pukul 09.00 pagi hingga selesai.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Arifina