Besok, 778 Pemilih Di Tiga TPS Kota Malang Ikuti Coblosan Ulang

KOTA MALANG- Besok pagi (25/4) akan diadakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 TPS Kota Malang. Yakni TPS 9 Bunulrejo, TPS 14 Penanggungan, dan TPS 19 Sukoharjo. di tiga TPS tersebut, terdapat 778 pemilih yang harus melakukan coblosan ulang.

Di TPS 14 yang berlokasi di Jl. Mayjen Panjaitan no 85, tercatat ada 268 Daftar Pemilih Tetap (DPT), 18 Daftar Pemilih tambahan (DPTb), dan 14 Daftar Pemilih Khusus (DPK). Sementara di TPS Sukoharjo, terdapat DPT 262 orang, DPTb nihil, DPK 7 orang. Sedangkan di TPS 09 Bunulrejo terdapat DPT 195 orang, DPTb 1 orang, dan DPK 13 orang.

“Para pemilih ini akan mengikuti PSU mulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB,” jelas Lurah Penanggungan, Dwi Hermawan.


Untuk menarik antusiasme warga melakukan coblosan ulang, TPS 14 Penanggungan bahkan mendatangan tim medis dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya untuk memberikan layanan cek kesehatan gratis bagi warga yang datang untuk memberikan hak suaranya.

“Saya menghimbau untuk masyarakat yang mau melakukan pencoblosan, ya meskipun yang nggak nyoblos juga bisa cek kesehatan gratis di TPS. Nanti kita buka tenda cek kesehatan sederhana kayak tensi, berat badan, dan tinggi badan. Supaya ada motivasi oh saya ke TPS nggak hanya mencoblos tapi juga bisa cek kesehatan loh,” paparnya.

Selain itu di TPS nanti juga akan dilayani penukaran kupon jalan sehat PBB. “Kan pemkot hari minggu punya gawe, nah sekalian warga bisa menukarkan kuponnya di sini,” sambung dia.

Dwi melanjutkan, Kelurahan juga akan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk berkeliling ke rumah-rumah masyarakat yang menerima undangan pencoblosan. termasuk woro-woro melalui pengeras suara mushola terdekat.

Adapun, surat suara yang meliputi Pilpres dan DPD untuk PSU akan didistribusikan langsung ke lokasi TPS tanpa berhenti di Kantor Kelurahan pada pukul 18.00 WIB nanti.

PSU di tiga TPS tersebut merupakan hasil rekomendasi dari Bawaslu. Sebelumnya, terjadi kelalaian pihak KPPS di TPS 9 Bunulrejo, TPS 14 Penanggungan, dan TPS 17 Sukoharjo. Berdasarkan laporan dan analisa Bawaslu ada 6 DPTb yang mencoblos 5 surat suara di TPS 9 Bunulrejo, padahal harusnya hanya diperbolehkan 2 surat suara Pilpres dan DPD. Sedangkan di TPS 14 Penanggungan dan TPS 17 Sukoharjo sama, sejumlah pemilih yang tidak berdomisili di wilayah tersebut mencoblos dengan hanya menggunakan e-KTP. Tercatat 8 orang di TPS 14 Penanggungan dan 3 orang di TPS 17 Sukoharjo. Sehingga ketiga TPS tersebut harus melaksanakan PSU besok.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia