Besok 40 Tim Al-Banjari Tepuk Rebana di Naura Ramadan Radar Malang

Perwakilan peserta Al Banjari rapat di Radar Malang, Senin (13/5)

KOTA MALANG – Sebanyak perwakilan 40 tim Al-Banjari pagi tadi (13/5) mendatangi Kantor Jawa Pos Radar Malang untuk melaksanakan Technical Meeting (TM). Mereka akan unjuk kebolehan vokal dan menepuk rebana besok, 14 April 2019. Puluhan tim ini akan beradu bakat mulai pukul 09.00 mengenakan kostum bebas dan santun.

Koordinator Naura Ramadan, Selma Kirana mengimbau agar peserta datang tepat waktu satu jam sebelum jam tampil urutan yang telah ditetapkan panitia.

“Karena waktu di Bulan Ramadan itu pendek sampai buka puasa, takutnya kalau saling tunggu menunggu urutannya malah bakal kacau,” tegasnya.

Masing-masing tim besok akan menyanyikan 2 lagu bebas dalam waktu 10 menit. Namun, terlebih dahulu mereka harus menyetorkan teks kedua lagu yang akan dinyanyikan. Masing-masing lagu minimal panjang teks 2 lembar, makin banyak malah makin baik nilainya.

“10 menit itu sudah termasuk dihitung dalam persiapannya,” tambah Selma.



Lebih lanjut, masing-masing tim yang maksimal beranggotakan 10 orang tersebut wajib membawa alat sendiri berupa 4 rebana bahan kulit dan 1 bass bahan kulit. Penilaian peserta akan mengacu pada 3 indikator. Yakni vokal dengan nilai maksimal 400 poin, musikal maksimal 300 poin, dan adabiyah 300 poin.

Vokal di antaranya meliputi kualitas suara, power, teknik, hingga pembawaan. Secara musikal terdiri antara lain dikihat dari harmonisasi, variasi pukulan, sampai irama dasar Al-Banjari. Sedangkan secara adabiyah di nilai dari penjiwaan, ekspresi, tajwid, hingga kostum.

Besok akan dipilih 3 pemenang yang masing-masing mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat. Gelaran Al-Banjari menurut Selma merupakan rangkaian kegiatan Naura Ramadan yang bertujuan untuk menyemarakkan Ramadan sekaligus memperingati ulang tahun Jawa Pos Radar Malang.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Istimewa