Besarkan Nama Kobe Bryant, Ini Manfaat Olahraga Basket

RADARMALANGID – Kabar duka datang dari legenda NBA (National Basketball Association), Kobe Bryant. Pebasket berusia 41 tahun itu tewas dalam kecelakaan helikopter yang ditumpanginya pada Minggu (26/1) pagi waktu setempat.

Dikutip dari TMZ (27/1), ikon LA Lakers itu terbang bersama 3 penumpang lainnya dalam helikopter pribadi. Menurut laporan dari pihak yang menyelidiki kasus ini, helikopter yang ditumpangi Bryant tampak terbakar sebelum menghantam tanah.

Seperti yang kita tahu, ia telah menekuni karier sebagai pebasket profesional di NBA selama 20 tahun (1996-2016). Banyak sekali manfaat yang telah ia dapatkan dari olahraga ini.

Berikut manfaat dari olahraga basket yang membesarkan nama Kobe Bryant, seperti dikutip dari Stylecraze (27/1).

1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke
Olahraga bola basket sangat baik untuk kesehatan, karena kamu akan terus bergerak, dan membuat detak jantung semakin meningkat. Hal ini akan membantumu menurunkan risiko terkena stroke dan penyakit jantung di kemudian hari.

2. Membakar kalori
Berbagai macam gerakan seperti berlari, melompat dalam olahraga bola basket terbukti dapat membakar banyak kalori. Bahkan bermain basket dalam waktu satu jam saja, bisa membakar sekitar 600 sampai 900 kalori.

3. Menguatkan tulang
Setiap aktivitas fisik yang melibatkan penumpukan berat badan, akan membentuk jaringan tulang baru. Sebab otot akan melakukan daya tarik dan dorong terhadap tulang.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Bermain basket atau olahraga lainnya, tentu akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan fokus. Sebab hormon endorfin yang dihasilkan dapat mengilangkan rasa sakit dan juga mengurangi stres. Ketika stres dapat diturunkan, sistem kekebalan tubuhmu juga akan mendapat dorongan.

5. Memperkuat mental
Olahraga bola basket merupakan permainan yang serba cepat dan membutuhkan banyak keterampilan fisik. Bermain basket juga dituntut untuk bisa berpikir kreatif dalam membangun serangan.

Hal ini membuatmu jadi lebih fokus, sehingga kamu dapat mengambil keputusan yang tepat dan efektif. Di sinilah mentalmu akan ditempa untuk menjadi lebih kuat dalam bermain di setiap pertandingan.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Newsweek.com
Penyunting: Fia