Bersih-Bersih Lingkungan Dapat Tabungan Emas Sabet Rekor MURI

 Gold for Work, pegadaian, medan, bersih-bersih lingkungan,

JawaPos.com – Sekitar 600 orang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan bertemakan Gold for Work Sabtu (6/4) di Kecamatan Medan Denai, tepatnya pinggiran Sungai Denai, Jalan HM Joni, Medan. Kegiatan ini, merupakan program “Menuju Indonesia Bersih” PT Pegadaian (Persero).

Kegiatan bersih-bersih lingkungan yang digelar Kantor Wilayah (Kanwil) I Medan, PT Pegadaian (Persero) ini, merupakan program sosial padat karya pemerintah berkolaborasi dengan Pegadaian.

Tak hanya di Medan saja, kegiatan serupa juga digelar di secara serentak di 12 lokasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan melibatkan 6 ribu orang.

Masyarakat yang ikut terlibat dalam kegiatan itu, mendapatkan imbalan berupa tabungan emas. Program ini pun ditetapkan sebagai rekor muri yang dihitung berdasarkan pembukaan tabungan emas dari hasil Gold for Work di 12 Kota.

Kegiatan Pegadaian ini pun mencatatkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Rekor yang disabet yakni Pembukaan Tabungan Emas Terbanyak.

Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, Hakim Setiawan mengatakan, program Gold for Work ini adalah bentuk kepedulian Pegadaian terhadap lingkungan juga terhadap ekonomi masyarakat di Indonesia.

Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, Hakim Setiawan bersama Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Muhammad Husni berfoto bersama usai bersih-bersih lingkungan. (Istimewa)

“Ini merupakan program pemerintah yang dikolaborasikan dengan program sosial Pegadaian. Memilah sampah menjadi tabungan emas. Setiap peserta yang ikut pada Gold for Work akan diberikan upah berupa tabungan emas. Kemudian masyarakat dapat menambah saldo tabungan emas di outlet-outlet Pegadaian,” ujar Hakim Setiawan, Sabtu (6/4).

Ia melanjutkan, masyarakat bisa menambah saldo tabungan emas melalui ATM atau menggunakan aplikasi Pegadaian Digital. Ditambahkan olehnya, yang digelar ini, juga merupakan
rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BUMN dan Pegadaian sebagai wujud kepedulian BUMN.

“Dengan cara ini, lingkungan kita akan menjadi lebih bersih. Tidak hanya itu, ekonomi kita akan meningkat karena memiliki tabungan emas yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir para Deputi PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan diantaranya, Suhadi selaku Deputy Bisnis Area Medan 1; Iswandy dan Jansen Siahaan; selaku Profesional Utama; Anhar Nasution selaku Deputi Bisnis Area Medan 2; lalu Susatya Pramana selaku Manajer Bisnis Analis; para Asmen PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan dan Walikota Medan diwakili Kepala Dinas Kebersihan Kota Medan Muhammad Husni maupun para tokoh masyarakat.

Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Muhammad Husni dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas gagasan program PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan yang peduli dengan kebersihan lingkungan. “Kegiatan ini sangat menarik dan menyentuh. Dengan melibatkan masyarakat untuk melakukan pembersihan sekitar lingkungan Sungai Deli,” kata Husni.

Ia berharap, langkah kepedulian PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan jangan sampai di sini (Kecamatan Medan Denai) aja. “Kita (Pemko Medan) berharap, program ini menyebarluas ke masyarakat lainnya,” tandasnya.