Bersiap Terbangkan 23 Siswa ke Singapura

KOTA BATU – Apresiasi khusus diberikan Pemkot Batu untuk siswa-siswi yang berprestasi. Sesuai janji sebelumnya, mereka yang mendapat nilai ujian nasional sempurna bakal diajak terbang ke Singapura. Sama seperti bonus yang diberikan pada pelajar-pelajar berprestasi di tahun-tahun sebelumnya. ”Pemkot Batu memang memiliki program bagi siswa nilai ujian sempurna akan diberangkatkan ke Singapura,” terang Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batu Eny Rachyuningsih.

Di sana, rencananya siswa akan diajak studi banding ke sekolah-sekolah favorit. Tujuannya, agar siswa makin bersemangat untuk mengukir prestasi lainnya. ”Selain nilai sempurna, bagi murid yang juara tingkat provinsi maupun nasional juga akan diajak,” tambahnya. Namun, lanjutnya, catatan prestasi yang terukir berada di bawah naungan dinas pendidikan.

Tahun ini, untuk sementara tercatat 23 siswa yang dipastikan berangkat ke Singapura. ”Angka itu masih bisa bertambah karena diambil dari peraih nilai sempurna saja dan nilai SD juga belum keluar. Belum termasuk yang berprestasi juara tingkat daerah atau nasional,” jelas Eny. Dari 23 siswa tersebut, 17 siswa di antaranya berasal dari tingkat SMA. Empat siswa SMP dan 2 dari tingkat SD.

”Untuk SD ini sementara diambil dari murid teladan, satu putra dan satu putri,” tambahnya. Sementara untuk tingkat SMP, dua siswa diketahui mendapat nilai sempurna. Dua siswa lainya masuk sepuluh besar nilai tertinggi se-Kota Batu. ”Dua siswa yang masuk sepuluh besar itu karena mereka kartu keluarga (KK) Kota Batu, sementara 8 lainnya bukan warga Batu,” jelasnya. Apresiasi itu memang sengaja diperuntukkan bagi pelajar asli Kota Batu saja.

Pewarta : Mochamad Sadheli
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Bayu Mulya