Bersiap Sambut Jamaah dan Wisatawan untuk Iktikaf

KOTA BATU – Keistimewaan bulan suci Ramadan membuat para takmir masjid di Kota Batu lebih sibuk mempersiapkan sejumlah fasilitas untuk jamaah. Seperti yang dilakukan takmir Masjid Agung An Nuur Kota Batu. ”Khotmil Quran rutin kami lakukan setiap hari dalam bulan ini, terlebih di momen Nuzulul Quran (malam ke-17) ini,” terang salah satu takmir Masjid Agung An Nuur Yunus Rakhmad.

Berikutnya, pengurus masjid juga bersiap menyambut para jamaah yang hendak melakukan iktikaf dalam menyambut Lailatul Qadar. ”Minggu (26/5), bagi jamaah atau wisatawan juga bisa bermalam di masjid, iktikaf bersama,” papar pria yang juga pengurus Al Khidmah Malang Raya ini. Biasanya, iktikaf dimulai para jamaah pada pukul 21.30.

”Saat iktikaf dianjurkan memperbanyak salat, membaca Alquran, zikir, bersalawat, dan mengurangi berhubungan dengan orang lain,” tambahnya. Seperti diketahui, upaya menyambut bulan suci Ramadan juga sudah dilakukan pengurus masjid di sana. Agenda rutin berupa pembagian takjil gratis dan buka bersama sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari.

Ada 350–400 porsi buka bersama yang disiapkan pengurus masjid untuk hari-hari biasa. Sementara di akhir pekan dan hari libur, ada 500–700 porsi buka bersama yang disiapkan. Jumlah lebih banyak sengaja dialokasikan untuk menyambut para wisatawan yang turut berlibur di Kota Batu.

Pewarta : Mochamad Sadheli
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya
Fotografer : Mochamad Sadheli