Bersarung, Jokowi Tinjau Tol Gempas

Bersarung, Jokowi Tinjau Tol Gempas - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, PASURUAN – Presiden Joko Widodo menyempatkan diri meninjau proses pembangunan ruas jalan tol Gempol-Pasuruan (Gempas) Seksi 2 di sela-sela kunjungan kerjanya di Jawa Timur, Sabtu (12/5). Harapannya, ruas tol itu sudah bisa difungsikan untuk arus mudik pada Lebaran 2018.

“Kami ingin memastikan penggunaan jalan tol untuk mudik. Tadi sudah dipastikan dari Merak sampai di Pasuruan sudah bisa dipakai untuk mudik meskipun ada beberapa kilometer yang masih fungsional, tapi sudah bisa dipakai,” ucap presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menghadiri sejumlah kegiatan di Pasuruan, termasuk pembagian sertifikat untuk rakyat. Mantan wali kota Surakarta masih terlihat bersarung saat meninjau proyek Tol Gempas.

Pengoperasian ruas jalan tol Gempas Seksi 2 diyakini akan memberikan pilihan bagi para pemudik yang akan melintas di jalur pantura Surabaya-Pasuruan. Ada Tol Gempas Seksi 1 ruas Gempol-Rembang dan seksi 2 ruas Rembang-Pasuruan.

Pembangunan Tol Gempas sepanjang 34,15 kilometer ditargetkan selesai pada akhir 2018 yang nantinya akan menghubungkan Gempol hingga Probolinggo. Selanjutnya, pada 2019 bisa dilanjutkan sehingga dari Merak di Banten hingga Banyuwangi di ujung Jawa Timur bisa terhubung dengan tol.

Adapun ruas Tol Gempas Seksi 2 menghubungkan Rembang dan Pasuruan. Jalan tol sepanjang 6,6 kilometer itu merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yang ditargetkan selesai pada akhir 2019.

“Masyarakat bisa memilih yang jalan arteri pantura atau pilih jalan tol. Ada pilihan berarti, biasanya kan hanya satu. Ini sekarang ada dua, berarti lebih lancar logikanya,” ujar Jokowi yang dalam kesempatan itu didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.(fat/jpnn)