Berprestasi, Tangkal Tengkulak lewat Aplikasi Among Tani

AMONG TANI – Kerja keras Pemkot Batu dalam memerangi ”makelar pertanian” alias tengkulak melalui sistem digital mulai diapresiasi pemerintah pusat.

Rabu lalu (6/11), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memberikan penghargaan kepada Pemkot Batu atas inovasi aplikasi Among Tani melalui sistem Smart City.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo RI) Johnny G Plate kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Balai Sudirman, Jakarta.

Perlu diketahui, aplikasi Among Tani merupakan aplikasi untuk pembelian produk pertanian organik dari petani melalui aplikasi digital, sehingga nasib petani tidak ”dipermainkan” para tengkulak.

Sedangkan, penghargaan ini masuk dalam 25 kota/kabupaten di Indonesia lain yang memiliki program unggulan quick win smart city dalam Gerakan Menuju 100 Smart City Kominfo RI.

”Kami ingin agar pemerintah dan masyarakat memanfaatkan jaringan internet secara positif dan produktif sebagai infrastruktur yang dapat menggenjot tingkat ekonomi dan sosial masyarakat,” kata Suliayanah, Kabag Humas Pemkot Batu, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Batu Moehamad Agoes Macmoedi menjelaskan, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI membuat program memilih 100 kota yang konsen terhadap pengembangan Smart City.

Di mana sebelum menerima penghargaan, Pemkot Batu memaparkan terlebih dahulu konsep yang dikembangkan di Kota Batu.

Perlu diketahui, penghargaan ini membuat Kota Batu bakal mendapatkan pendampingan sistem Smart City dari ahlinya selama lima bulan. ”Kota Batu salah satu kota terpilih yang menjadi bagian 100 kota menuju Smart City,” ujar Agoes.

Pewarta : Miftahul Huda
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Imam Nasrodin