Berpakaian Tempo Dulu, Warga Desa di Kabupaten Malang Ini Semangat Ikuti Upacara HUT RI

MALANG KOTA – Puluhan orang berpakaian tempo dulu berbondong bondong menuju Punden Desa Slorok, Kromengan, Kabupaten Malang. Mereka bersemangat untuk mengikuti upacara bendera yang diadakan di Petilasan Desa Slorok, Kromengan, Kabupaten Malang, jumat (17/8).

Davina, cewek dua puluhan tahun berpakaian kebaya warna hijau ini mengaku ingin ikut memeriahkan acara desa setempat. “Ingin ikut memeriahkan aja,” ujar wanita yang memang berpakaian layaknya wanita Indonesia khas tempo dulu ini.

Lain lagi dengan Ari, ia mengaku datang dari kampung sebelah, bersama rombongan temannya, sengaja ingin ikut acara ini. “Dari Jatikerto, dateng bareng teman ini tadi, pengen nonton juga mumpung libur,” ungkap pria berpakaian garis-garis lurik dengan motif berseling layaknya abdi dalem keraton.

Peserta upacara lain juga ada juga yang datang dari Pakisaji, Kabupateng Malang. Ia memakai baju layaknya baju serdadu Belanda. “Pinjem temen ini, bajunya punyanya komunitas sepeda onthel di Pakisaji,” tandasnya.

Selain para remaja ada juga anak anak SD sekitar yang datang dengan memakai baju sekolah dan membawa bendera Indonesia berukuran mini.



Selain upacara, peserta dengan pakaian tempo dulu ini nantinya akan mengikuti kirab mengitari desa setempat. Kirab melewati Jalan bebekan, Jalan Pahlawan, kemudian kembali lagi di Punden tempat berlangsungnya upacara.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Elfran Vido