Bernuansa Maroko, Masjid PT ACA Jadi Spot Selfie

Salah satu pengunjung melintas di halaman masjid milik PT ACA kemarin (1/6).

MALANG KOTA – Masjid di halaman kantor PT Anugerah Citra Abadi (ACA) di Jalan JA Suprapto itu menarik perhatian setiap pengendara yang melintas. Tidak sedikit di antara pengendara yang berhenti, lalu berfoto. Mereka kepincut keindahan masjid yang konstruksinya menyala. Masjid itu bernuansa Maroko, negara di benua Afrika bagian utara.

”Bangunannya bagus. Didominasi warna ungu,” ujar Moch. Sahirul Salim, salah satu pengunjung, yang asyik berfoto di masjid milik PT ACA itu kemarin (1/6).

Owner PT ACA Iwan Kurniawan menyatakan, masjid tersebut memang didesain Timur Tengah ala Maroko. Pihaknya sengaja memilih desain khas Maroko karena tren Timur Tengah sedang booming di masyarakat. Mulai dari lagu khas Timur Tengah hingga destinasi wisatanya.

Masjid seluas 22 meter dengan tinggi 19 meter itu didominasi warna ungu. Sementara ornamennya merujuk pada ayat suci Alquran. ”Ornamen memang dibuat merujuk kepada ayat suci Alquran,” ujar Iwan.

Ada sekitar 35 pekerja yang menyelesaikan masjid tersebut. Pembangunannya menghabiskan waktu dua minggu. Rencananya, masjid tersebut untuk salat Idul Fitri pada 15 Juni mendatang.



”Kami sudah menyediakan 150 sajadah untuk jamaah salat Idul Fitri nanti. Jadi, tidak usah membawa dari rumah,” kata pengusaha itu.

Dia menambahkan, masjid tersebut merupakan masjid ke-12 yang dia bangun untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Tahun sebelumnya, 2017, Iwan membangun masjid bernuansa Tiongkok. Masjid yang diberi nama ”Laksamana Cheng Ho” itu dibangun karena Iwan melihat pertumbuhan jumlah muslim di Tiongkok sangat pesat.

Selain itu, jalinan budaya muslim Indonesia dan Tiongkok sudah terjalin sejak abad ke-15. Untuk tema Masjid Cheng Ho itu sendiri, sudah beberapa kali diangkat PT ACA. ”Pembangunan masjid itu kami sesuaikan dengan agenda santunan tahunan,” tuturnya.

Pewarta: Fajrus Shiddiq
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono