MALANG KOTA – Untuk kali ketiga, Kota Malang berhasil menyabet Adipura Kencana. Kepastian ini diperoleh setelah Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mengumumkan daftar pemenang lomba Adipura pada Rabu malam (26/7).

Penghargaan tertinggi di ajang Adipura ini menjadi penebus kegagalan Kota Malang pada dua edisi sebelumnya. Yakni tahun 2015 dan 2016.

Seperti diketahui, tahun lalu, Kota Malang hanya mampu meraih penghargaan Piala Adipura Kirana. Sementara di tahun sebelumnya, 2015 lalu, Piala Adipura untuk kategori Kota Besar-lah yang mendarat di Bhumi Arema Kota Malang.

Padahal, dalam dua edisi sebelumnya, selama dua tahun beruntun (2013 dan 2014), Kota Malang selalu menyabet Adipura Kencana. Karena itu, Wali Kota Malang Moch. Anton terlihat antusias begitu mengetahui tahun ini kota yang dia pimpin kembali meraih Adipura Kencana.

Anton lantas menyebut beberapa hal yang membuat Kota Malang mendapatkan nilai tinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup.

”Banyak item yang dinilai. Mulai dari anggaran yang prolingkungan, penataan dan pengelolaan sampah, penataan dan pengelolaan taman, hingga partisipasi masyarakat,” kata Anton yang dijadwalkan akan menerima Piala Adipura Kencana dari Presiden RI Joko Widodo di Jakarta Rabu mendatang (2/8).

Untuk mengurus masalah sampah misalnya, Pemkot Malang mendatangkan mobil penyapu jalanan (road sweeper). ”Lalu, ada pula pembangunan pengolahan sampah terpadu atau Intermediate Treatment Facility (ITF),” ujar suami dari Dewi Farida Suryani ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Agoes Edy Poetranto menambahkan, taman-taman tematik juga berkontribusi terhadap keberhasilan meraih Piala Adipura Kencana. ”Ada sejumlah taman yang dinilai. Mulai dari Taman Kunang-Kunang hingga Taman Trunojoyo,” kata Agoes.

Dia juga menyatakan, keberhasilan meraih Adipura Kencana ini sekaligus menunjukkan bahwa Pemkot Malang belajar dari kegagalan pada 2016 lalu. Pada gelaran Adipura sebelumnya, tak banyak inovasi yang dilakukan Pemkot Malang.

”Tahun ini kami berbenah. Selain itu, ada banyak inovasi yang muncul dari masyarakat,” jelas dia.

Sementara itu, bukan hanya Adipura Kencana saja penghargaan yang diraih Kota Malang dari ajang yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup itu. Di waktu bersamaan, ada tiga sekolah yang berhasil meraih Adiwiyata Mandiri. Tiga sekolah itu adalah SMPN 15, SMAN 2, dan SMAN 7.

Pewarta: Aris Syaiful
Penyunting: Indra Mufarendra
Copy Editor: Dwi Lindawati
Grafis: Rizky Widdie