Berkat Robot Sawah, Mahasiswa UIN Malang Juara Inovasi Nasional

KOTA MALANG – Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi (TI) Fakultas Saintek berhasil menggondol juara dua dalam perlombaan inovasi teknologi di TED (Tech Enthusiast Day) di UGM (Universitas Gadjah Mada), Minggu (17/11).

Dalam perlombaan tersebut, mahasiswa TI yang tergabung dalam tim Otomasi dan Robotika UIN Maliki (Ontaki), yakni Miftach Noorvickia M dan Mustafa Kamal Rabbani membuat inovasi teknologi berupa robot dan aplikasi sistem irigasi sawah.

Inovasi itu sebagai respons atas kegagalan panen yang kerap terjadi saat musim hujan. Yakni ketika banjir melanda lahan persawahan.

“Gunanya adalah untuk memonitoring Tinggi muka air irigasi. Nanti di setiap pintu masuk air di sawah akan ada robot sensorik. Jika airnya melebihi ambang batas, nanti sensorik itu disalurkan lewat radio dan hasilnya itu bisa dimunculkan di internet,” tutur ketua tim Ontaki, Miftach kepada radarmalang.id. “Jadi teknologi ini bisa mempermudah kerja petani. Hanya dengan melalui website mereka bisa tahu,” imbuhnya.

Adapun, dalam TED di UGM, tim UIN harus bersaing dengan sejumlah kampus besar lainnya. Mulai dari Universitas Padjajaran, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), hingga Politeknik Negeri Bandung.

Kesemua inovasi tersebut bergantian dipresentasikan oleh masing-masing finalis pada 16 November.

“Kami membawa prototipe robot kami untuk dipresentasikan di UGM dan menjelaskannya ke juri,” tuturnya.

Pewarta: Bob Bimantar Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Editor: Indra M