Berita Penganiaya Ulama di Jawa Barat, 2 Betul 13 Hoax

Berita Penganiaya Ulama di Jawa Barat, 2 Betul 13 Hoax

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengungkap semua berita yang disebar yakni sejumlah 15 berita. “Ada dua yang kejadian betul, yaitu yang Kiai Umar Basri di Cicalengka dan almarhum Bapak Parwoto yang lainnya adalah hoax,” kata Agung di RS Bhayangkara Sartika Asih, Bandung, Jumat (23/2).

Menurut dia ada 13 berita hoax yang disebar oleh masyarakat atau oknum tidak bertanggung jawab. Dia menambahkan dari 13, ada dua sanksi yang diterima pelaku penyebar. “Ada yang di proses hukum, ada yang di upload langsung minta maaf, kita fasilitasi,” ungkapnya.

Belasan berita tersebar di sejumlah wilayah yakni Provinsi Jawa di Sukabumi, Bogor, Garut, dan terakhir yang informasi adalah di Cimahi. “Di Cimahi itu belum terjadi apa-apa hanya masyarakat curiga ada orang tidak dikenal berkeliaran mencurigakan sehingga kita lapor ke Polisi, dari Polisi kita tindak lanjuti kita panggil Dokter,” tuturnya.

Mengenai tindak pidana, pihaknya masih mencari bukti-bukti. Perihal pelaku penyebar berita hoax Polda Jawa Barat dibackup Mabes Polri. “Jadi tidak berhenti, kasus yang dulu terjadi yang nyata-nyata gangguan jiwa dan kepribadian itu kita proses hukum,” ujarnya.

Polda Jabar terus mendalami kasus-kasu berita hoax uang tersebar di wilayah Jawa Barat. “Mendalami, ada gak korelasi-korelasi yang terjadi ada gak nih hubungannya, nah itu kita gunakan IT karena kalau manual kan sulit,” jelasnya.

Hingga saat ini tim Polda Jabar terus mencari dan bekerja keras mengungkap kasus tersebut. “Sekarang tim dan Polda sedang bekerja keras Insyaallah dapet hasilnya,” pungkasnya.


(ona/JPC)