Berharap Hujan Turun, Ribuan Umat Muslim Palangka Raya Salat Istisqa

JawaPos.com – Musim kemarau yang berkepanjangan di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) makin mengkhawatirkan. Apalagi belakangan diperparah pula dengan bencana kabut asap yang dipicu oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal itu membuat umat muslim di Kota Palangka Raya dan sekitarnya berikhtiar agar hujan segera turun. Salah satunya dengan menggelar Salat Istisqa. Salat sunah minta hujan itu digelar di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (18/9).

Ribu umat muslim Palangka Raya, baik aparatur sipil negara (ASN), TNI Polri, dan masyarakat umum ikuti salat istisqa atau minta hujan. Itu dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (18/9).

Selain masyarakat, salat Istisqa juga diikuti oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Habib Ismail bin Yahya, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Ketua MUI Kalteng KH Anwar Isa, Rektor IAIN KH Khairil Anwar, dan pejabat lainnya. Sementara yang bertindak sebagai imam Ketua MUI Kalteng KH Anwar Isa, sedangkan sang khatib Rektor IAIN Palangka Raya KH Khairil Anwar.



“Kita sudah rapat kemarin bahwa Pemprov Kalteng melaksanakan salat istisqa. Dan kami juga meminta agar seluruh umat muslim dan umat lainnya di Kalteng agar memohon doa minta hujan sesuai ajaran agama masing-masing,” kata Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya.

Selain itu, Pemprov juga sudah mengimbau pemerintah kabupaten/kota untuk melaksanakan salat istisqa bagi umat muslim dan doa minta hujan bagi umat beragama lainnya.

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan, surat himbauan tersebut telah disampaikan kepada pemerintah kabupaten/kota. “Kita juga meminta pemerintah kabupaten/kota untuk melaksanakan salat istisqa. Surat sudah kita sampaikan,” pungkasnya.