Berada di Gang Sempit, Puskesmas Bareng Perjuangkan Pindah Lokasi

KOTA MALANG – Bangunan dan lokasi Puskesmas Bareng saat ini, yakni di Jalan Bareng Tenes, bisa dibilang tidak representatif.

Akses jalannya sempit, sehingga menyulitkan arus keluar-masuk kendaraan. Terutama ambulance.

Karena itu, rencana pemindahan lokasi pun menguat. Puskesmas Bareng rencananya pindah ke lokasi baru di Taman Gayam.

Sayangnya, pemindahan itu tidak serta merta bisa dilakukan. Sebab, lokasi di Taman Gayam yang luasnya 3-4 hektar tidak boleh digunakan untuk pendirian bangunan.

Alasannya, Taman Gayam merupakan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Karena itulah, Puskesmas Bareng, menggelar diskusi bersama anggota Forum Masyarakat Peduli Puskesmas (FMPP), tadi pagi (14/8).

“Padahal di sana itu penuh sampah. Dari pada seperti itu kan lebih baik dibangun puskesmas. Toh lokasinya strategis. Saya bersama FMPP segera mengajukan audensi dengan pak wali,” terang Kepala Puskesmas Bareng, drg Muhammad Zamroni usai berdiskusi dengan FMPP.

Untuk mengantisipasi konflik, Puskesmas Bareng dan FMPP akan mencari terlebih dahulu lahan pengganti Taman Gayam. Sehingga RTH akan tetap ada dan tidak merusak lingkungan.

Diakui Zamroni, Taman Gayam dipilih karena lokasinya yang strategis di jantung kota.

Selain itu, lahan yang dibutuhkan sesuai, yakni lebih dari 800 meter persegi. Dengan begitu, Puskesmas Bareng akan memiliki banyak ruangan. Terutama untuk poli, dan taman lansia.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Editor : Indra Mufarendra