Bermodal Rp 2 Juta, Lailur Rahman Lulus Kuliah hingga Jadi Manager

MALANG KOTA- Kapal jauh lebih aman di pelabuhan, tapi bukan itu tujuan diciptakannya kapal. Kalimat ini yang cocok bagi Lailurrahman, pemuda yang hanya bermodalkan uang saku Rp 2 juta, bertekad menyelesaikan kuliah dan hingga akhirnya jadi manager.
Saat ditemui, penampilannya layaknya bukan seorang manager. Ia hanya memakai sarung dan sandal jepit. Pemuda berumur 24 itu sangat sederhana.

Sarjana lulusan managemen STIE INdocakti Malang itu mengaku mulanya hanya berniat kuliah. Tapi bulan pertama, uang kuliah yang dikasih orang habis. Untuk minta kiriman lagi dia merasa malu.

“Saya berpikir keras bagaimana dapat uang, agar kuliah tetap jalan,” katanya, Rabu (14/2).

Untuk memenuhi kebutuhan hidup dan biaya kuliah, pria yang akrab disapa Rahman ini memutuskan untuk kuliah sambil “nguli”.
Segala bidang pekerjaan pernah dilalui oleh pria kelahiran 1993 itu. Mulai dari bekerja pada sebuah cafe di Jl Besar Ijen, jadi OB (office boy) hingga menjadi pelayan di rumah makan. ” Terpenting halal, pasti berkah,” imbuhnya.

Menurutnya, ia kemudian memutuskan untuk bekerja di salah satu rumah makan di Sawojajar. Karena tempatnya bekerja tak mengganggu kuliahnya. Butuh waktu lima tahun lamanya, sebelum akhirnya diangkat menjadi manager di tempat ia bekerja. Bahkan gajinya jauh melebih uang saku di awal kuliahnya.



“Harus mau memulai dari bawah. Itu kuncinya,” Pungkas alumni Indo Sakti itu.

Pewarta: Moh Bahri
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Moh Bahri