Belum Terhubung Server, Dua SMP Ini Gelar UNBK di SMKN 4 Malang

Suasana UNBK SMP yang digelar di SMKN 4 Kota Malang

KOTA KALANG – Hari ini (22/4) Ujian Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs dimulai. Beberapa sekolah swasta di Kota Malang ternyata belum siap melaksanakan UNBK mandiri karena kendala keterhubungan dengan server dan unit komputer, sehingga terpaksa harus menumpang ke sekolah lain. D iantara sekolah tersebut adalah SMP NU Hasyim Asy’ari dan SMP PGRI 6 Malang.

Kepala Sekolah SMP NU Hasyim Asy’ari, Sugeng Surtanto, BA membenarkan bahwa 62 muridnya kini masih melaksanankan UNBK di SMKN 4 karena belum ada dana untuk menghubungkan server ke pusat. Selama 3 tahun terakhir, sekolah ini melaksanakan UNBK di SMKN 4 Malang

“Ya kalau komputer sih sebenarnya sudah mencukupi. Kemarin dapat dari dinas pendidikan 4, total jumlahnya 24 jika digabung dengan milik sekolah. Akan tetapi servernya ini kita masih belum bisa. Biayanya cukup besar, ya kalau negeri kan ada bantuan dari pemerintah,” paparnya.

Hal serupa juga dialami oleh SMK PGRI 6 Malang, akan tetapi selain kendala server, sekolah yang terletak di Jl. Janti ini juga kekurangan unit komputer. Jumlah komputer di SMK PGRI 6 hanya 15 unit. Di antaranya 4 unit merupakan bantuan dari Dinas Pendidikan Kota Malang.

“Murid kami ini 113 orang yang ujian, nggak cukup dengan komputer segitu. Minimal harusnya ada 40 komputer lah untuk melaksanakan ujian mandiri. Insya Allah tahun depan kami usahakan UNBK mandiri karen dari diknas pun sudah menghimbau keharusannya,” beber Kepala Sekolah SMK PGRI 6 Malang, Drs. Riono.



Selama ujian berlangsung, belum ada kendala baik dari server, komputer, hingga siswanya. Namun, kedua sekolah ini sama-sama berharap agar pihak pemerintah dapat membantu sekolah-sekolah swasta untuk membiayai keterhubungan dengan server pusat. Sebab imbauan UNBK wajib mandiri tahun depan juga terus digaungkan Dinas Pendidikan Kota Malang.

Sebagai informasi, beberapa sekolah lain yang belum bisa melaksanakam UNBK mandiri di antaranya SMP Asifa yang melaksanakan ujian di SMK Widyagama, SMP Kristen 1 YPK di SMAK St Albertus. Sedangkam SMP PGRI 04 di SMKN 6. SMP Kartini Yasri di SMk Nasional dan SMP Islam Al Amin di SMK Telkom Kota Malang. 

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Rida Ayu