Belum Sebulan, Portal Klemuk Rusak

KOTA BATU – Pemkot Batu sebenarnya punya tujuan baik dengan memasang portal di jalur Klemuk, di Desa Songgokerto, Kecamatan Batu. Tingginya angka kecelakaan pada jalur itu coba diantisipasi mereka.

Dengan dipasangnya portal, kendaraan-kendaraan besar diharapkan tak lagi menggunakan jalur yang dikenal mempunyai tanjakan ekstrem tersebut.

Sayangnya, tujuan tersebut belum bisa diterima sejumlah pihak. Portal yang ada di sana justru dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Kades Songgokerto Dian Saraswati mengaku bila portal di sana memang sudah rusak sejak tiga hari yang lalu. ”Iya benar, sepertinya rusak. Kami sudah koordinasikan dengan Dishub Kota Batu untuk menangani,” kata dia.

Untuk diketahui, portal itu memiliki tinggi 2 meter. Diindikasi ada sejumlah pengendara mobil yang kurang jeli melihat papan peringatan di sana. Sehingga portal tersebut tetap dihantamnya.

”Harusnya pengendara lebih jeli lagi melihat peringatan itu,” imbuh Dian. Senada dengannya, Kepala Dishub Kota Batu Susetya Herawan mengaku geram melihat ketidakdisiplinan pengendara yang sudah menerobos portal di Jalan Klemuk.

”Ya pasti kami geram lihat pengendara yang seperti itu. Padahal (portal) itu untuk keselamatan mereka sendiri,” kata dia.

Dia menyatakan jika pengadaan portal yang sudah digeber sejak 5 September itu tidak dianggarkan secara khusus. Oleh sebab itu, dia berharap ada kesadaran pengendara dan masyarakat untuk ikut menjaganya.

Pewarta : Miftahul Huda
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Bayu Mulya