Belum Final, PWNU Jatim Imbau Masyarakat Jangan Percaya Klaim Kemenangan

JawaPos.com – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan klaim kemenangan di Pemilu 2019. Pasalnya keputusan final hasil Pemilu 2019 berada di tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua PWNU Jawa Timur Marzuki Mustamar di kantornya, Kamis (18/4). Menurutnya penentuan kemenangan dan yang berhak mengumumkan siapa Presiden Indonesia 2019-2023 adalah KPU. “Mau yang klaim kelompok 01 atau 02, jangan percaya klaim-klaiman. Percayakan kepada KPU yang nanti akan mengumumkan hasil pemilu berdasar hasil semua TPS,” kata Marzuki.

Marzuki mengatakan, berapapun hasil penghitungan suara dari TPS hingga hari ini belum menentukan. Apalagi, salah satu kubu paslon yang merilis hasil penghitungan itu.

Menurutnya, tiap kubu paslon sudah mempunyai pemetaan TPS mana yang pro dan kontra. Karena itu, dirinya kembali mengimbau masyarakat agar sabar menunggu keputusan dari KPU.



Begitu pula dengan hasil penghitungan pada Pileg. Dirinya meyakini jika KPU juga menggunakan metode dan aturan kerja yang sama saat menghitung hasil Pemilu Pilpres. “Jadi tetap kami menunggu KPU yang akan mengumumkan hasil (penghitungan suara seluruh TPS),” kata Marzuki.