Beli Mobil Rp 90 Juta, Modifikasi Habis Ratusan Juta

JawaPos.com – Bagi yang hobi memodifikasi mobil, uang berapapun bakal dikeluarkan. Asalkan mobil sesuai selera, uang ratusan juta siap digelontorkan.

Seperti yang dilakukan salah seorang kontestan Autonation Modified Show, Denzy Hafid Al Gani. Demi menghasilkan mobil impiannya, pemuda 21 tahun itu telah merogoh kocek dalam. Demi tampilan kece dan hobi yang digelutinya; modifikasi mobil. 


Ditemui di Plaza Balikpapan, Denzy mengatakan, pada 2018 lalu, ia membeli sebuah mobil second jenis BMW E46.

“Saya dapat mobil ini di Balikpapan saja. Waktu saya beli harganya Rp 90 juta,” katanya dikutip dari Prokal.co (Jawa Pos Group), Minggu (24/2).

Waktu dibeli, cerita warga Balikpapan Baru itu, mobil keluaran 2004 ini kondisinya sangat usang. Beberapa bagian bodi mobil penyok ringan.

Denzy lantas berinisiatif untuk merombak total mobilnya itu. Mulai dari velg, interior mobil, hingga warna mobil semua diubah.

Diperlukannya waktu sebulan untuk menjadikan mobil tersebut sesuai keinginan. “Saya habis sekitar Rp 100 juta untuk memodifikasi mobil ini,” sebut pria kelahiran Balikpapan, 3 Februari 1998, itu.

Hasilnya sungguh diluar dugaan Denzy. Mobil yang yang tadinya berwarna hitam disulap menjadi siralik oranye. Isi ruang mobil dilengkapi dengan interior ciamik. Mulai dari sound system hingga tv mini semua ada. 

“Hasilnya sangat memuaskan, saya sangat suka,” papar mahasiswa Universitas Balikpapan itu.

Denzy pun tak sungkan untuk menjelaskan mobil kesayangannya itu lebih rinci. Hal ini diharapkannya bisa memberi inspirasi kepada masyarakat yang ingin memodifikasi kendaraan roda empatnya.

Velg mobilnya, kata Denzy, ia menggunakan pelak merek garson. Velg ban depan mobil, dia menggunakan ukuran 10,5 inch. Sedangkan bagian belakang 11,5 inch.

Selain itu, dia juga menambahkan airsuspensi (airsus) merek airlite yang dipasang di empat titik bagian mobilnya. Ada juga kaliper brembo ia pasang di depan-belakang mobil.

“Tema mobil ini stancenation, yakni, style elegan. Inspirasinya dari mobil-mobil di luar negeri,” jelasnya.

Pada ajang Autonation Modified Show garapannya Kaltim Post Grup (Jawa Pos Group), ini, Denzy tak muluk-muluk untuk mendapatkan gelar juara umum. Dia hanya mengincar juara di 5 kategori dari 60 kategori yang disiapkan pihak penyelenggara.

“Saya sih, Insya Allah, ngincarnya lima kategori. Yaitu, siralik paint, stancenation, miss BMW, excellent braking system dan excellent airsus,” ungkapnya.

Dari lima kategori yang diinginkannya itu, paling tidak, Denzy menargetkan dapat meraih juara di kategori stancenation. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, menurutnya, mobil jagoannya itu sudah memenuhi syarat stancenation.

“Saya sih ngejarnya di stancenation. Karena kan saya pakai chamber-nya ‘kan chamber ekstrem di samping kiri-kanan mobil,” tutupnya.

Editor           : Estu Suryowati

Reporter      : Jpg