Belanja Online Saat Harbolnas 12.12, Bisa Lepaskan Stres?

Lepas Kekhawatiran di Akhir Bulan dengan Promo Tanggal Tua, Rasa Muda

jpnn.com, JAKARTA – Harbolnas 12.12 yang jatuh pada hari ini (12/12) disambut dengan meriah oleh berbagai bisnis e-commerce. Tawaran diskon dan promo menggempur para pengguna internet dari segala arah.

Dorongan untuk berbelanja online semakin sulit ditahan mengingat kesempatan ini langka dan menggiurkan. Apakah Anda termasuk orang yang memanfaatkan momen ini untuk memborong barang?

Jika ya, apakah dengan belanja online Anda juga merasakan perasaan rileks dan bahagia ketika melakukan traksaksi tersebut?

Perasaan bahagia muncul saat berbelanja

Perasaan yang muncul ketika berbelanja barang identik dengan kesenangan. Sadarkah Anda, ada rasa bahagia yang muncul ketika memilah-milah barang belanjaan, memasukkannya ke keranjang, hingga membayarnya.

Semakin banyak barang yang dibeli – selama masih sesuai anggaran belanja – maka rasa senang itu akan semakin meningkat. Bahkan, sebagian orang memilih pergi berbelanja sebagai cara melepaskan stres.

Sains membuktikan bahwa hal tersebut memang benar adanya. Beberapa penelitian di bidang neurosains menunjukkan bahwa berbelanja, baik itu secara langsung maupun online, mengaktifkan area-area khusus dalam otak, meningkatkan mood, dan membuat kita merasa lebih baik.

Ketika Anda melihat barang yang Anda idam-idamkan dan mampu membelinya, akan terjadi pelepasan dopamin di otak. Dopamin berkaitan dengan perasaan senang dan puas. Utamanya dopamin dilepaskan ketika Anda mengalami suatu hal baru, menantang, atau mengasyikkan. Dan bagi banyak orang, shopping termasuk sebagai salah satu hal tersebut.