Belajar Kelola Keuangan, Hadirkan Bank Sekolah

MALANG KOTA – Mengetahui bagaimana keberlangsungan praktik perbankan sudah menjadi kebutuhan penting. Karena itu, para siswa harus mempelajari hal itu sedini mungkin. Seperti yang dipraktikkan di SMAN 8 lewat bank sekolah.

Praktis, para siswa tak perlu ke bank untuk menabung. Para siswa bisa langsung ke gedung di sudut sekolah yang didesain mirip counter bank sungguhan. ”Memang bank sekolah ini digunakan siswa untuk membayar SPP, dana sekolah keluar masuk satu pintu lewat bank ini,” kata Endah Traji, bendahara SMAN 8 Kota Malang. Didesain ala bank, para siswa bisa merasakan atmosfer cara bertransaksi ala bank tanpa harus repot-repot ke bank.

Muchammad Rifqi, salah satu siswa, lebih suka menabung ke bank sekolah daripada menyimpan uang di rumah. ”Jadi bayarnya pakai buku juga. Buku Cakap namanya. Buku ini juga bisa menjadi kuitansi pembayaran SPP,” kata siswa kelas X jurusan bahasa ini.

Keberadaan bank sekolah juga memudahkan para siswa dan OSIS yang ingin meminta bantuan dana untuk kegiatan sekolah. ”Proposalnya ditaruh ke bank sekolah, nanti tinggal menunggu persetujuan sekolah mengenai acara siswa tersebut,” ujar dia.

Pewarta               : Sandra Desi
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Ahmad Yani