Beku Sekian Lama, Korut dan Korsel Lakukan Perundingan

Beku Sekian Lama, Korut dan Korsel Lakukan Perundingan

Pertemuan yang diadakan di Peace House di Desa Panmunjom yang terletak di zona demiliterisasi (DMZ) hari ini, Selasa (9/1). Pembicaraan ini akan fokus pada partisipasi Korut dalam Olimpiade Musim Dingin 2018 yang berlangsung di Korsel pada Februari mendatang.

Kedua belah pihak masing-masing mengirimkan lima anggota delegasi ke perundingan tersebut. “Hari ini kita akan melakukan pembicaraan untuk membahas partisipasi Korut di Olimpiade Musim Dingin, serta perbaikan hubungan antar Korea,” kata Menteri Unifikasi Seoul, Cho Myoung-gyon seperti dilansir BBC, Selasa, (9/1).

Delegasi Korut dipimpin oleh Ri Son Gwon, Ketua Badan Negara Korut yang bertanggung jawab atas urusan negosiasi dengan Selatan dan veteran. “Hari ini, Korut dan Korsel akan melakukan pembicaraan dengan sikap serius dan tulus,” katanya.

Hubungan antarkedua negara semakin tegang sejak tahun 2015. Namun Korsel mengatakan, pihaknya akan meningkatkan cara untuk memperbaiki hubungan antar Korea.

Seoul pernah menghentikan proyek ekonomi di kompleks Industri Kaesong di Korut setelah peluncuran roket dan uji coba nuklir oleh Korut.



Insiden tersebut menyebabkan Korut mengakhiri semua komunikasi dengan Seoul. Termasuk memotong saluran telepon. Ketegangan meningkat bertahun-tahun sejak Korut terus mempercepat program senjata nuklir.


(ce1/iml/JPC)