Begini Ekspektasi Tinggi Pelatih Eropa Timur Buat Arema FC

Tingkatkan Fisik Pemain, Siap Gelar TC selama Libur Kompetisi

Meski sudah cukup mewarnai permainan Arema FC, Alfin Tuasalamony masih harus meningkatkan kemampuan fisiknya.

MALANG KOTA – Sudah bukan rahasia lagi jika pelatih-pelatih dari negara Eropa Timur gemar dengan gaya permainan yang mengedepankan kekuatan fisik. Tim pelatih Arema FC yang didominasi orang Serbia, tentu saja berharap Dedik Setiawan dkk bermain dengan karakter seperti itu.

Semenjak Milan Petrovic menjadi pelatih kepala, menggantikan Joko ”Gethuk” Susilo, perlahan karakter itu mulai terlihat. Tapi, memang belum sempurna.

Pelatih fisik Arema FC Dusan ”Dule” Momcilovic menyebut bahwa belum semua pemain memiliki fisik dan stamina sesuai yang diharapkan. Secara khusus, Dule memberikan perhatian pada tiga eks Sriwijaya FC, Makan Konate, Hamka Hamzah, dan Alfin Tuasalamony.

Kondisi fisik ketiganya masih berada di bawah pemain Arema FC lainnya. Dule menyatakan, pastinya ada perbedaan antara pola latihan Sriwijaya FC dengan Arema FC.

Pemain Arema FC yang bergabung sebelum kompetisi bergulir sudah melalui beberapa agenda pemusatan latihan. Termasuk pemusatan latihan selama sepekan di Kusuma Agrowisata, Kota Batu, pascalibur Lebaran.



”Mungkin kondisi fisik mereka sedikit lebih rendah,” ujar Dule.

Karena itulah, akan ada treatment khusus untuk mendongkrak fisik dan stamina Hamka, Alfin, dan Konate. ”Mungkin nanti waktu jeda (libur kompetisi), kami akan membuat program,” kata pelatih berkebangsaan Serbia itu.

Seperti diketahui, kompetisi akan rehat sementara waktu ketika Asian Games bergulir mulai 18 Agustus–2 September 2018. Pertandingan melawan Borneo FC di Stadion Kanjuruhan pada 11 Agustus, bakal menjadi pertandingan terakhir Arema FC sebelum libur kompetisi.

Sementara laga pertama pascalibur adalah menghadapi tuan rumah Persib Bandung pada 13 September. Artinya, ada waktu sekitar sebulan yang bisa Arema FC manfaatkan untuk menggelar pemusatan latihan.

Terkait teknis, termasuk lokasi pemusatan latihan itu, Dule masih belum bisa mengatakannya. Dia masih melihat perkembangan dalam beberapa waktu ke depan. Saat ini, fokus Arema FC adalah menyelesaikan dua laga sebelum libur kompetisi.

Dia juga masih ingin berkoordinasi lebih lanjut dengan dua pelatih Serbia lainnya, yakni Milan Petrovic (head coach) dan Branislav Radojcic (pelatih kiper). Maupun dengan dua asisten pelatih lainnya, Kuncoro dan Yanuar Hermansyah.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Indra Mufarendra
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Doni/Kaltim Post