Bazar Wisata Halal, Pintu Menuju Malang Sebagai Destinasi Wisata Halal

MALANG KOTA – Pemerintah Kota Malang tampaknya serius untuk mewujudkan Kota Malang sebagai destinasi wisata halal. salah satu upaya awal yang dilakukan saat ini adalah dengan membuat Bazar Wisata Halal bersamaan dengan peringatan Hari Santri di Malang hari ini, Senin (22/10).

Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan Bazar Wisata Halal tersebut sebagai bentuk awal tercapainya destinasi wisata halal di Malang Raya. “Ini baru awal digerakkan. Ke depan mudah-mudahan destinasi wisata halal segera terealisasikan,” ujarnya.

Ia menambahkan, konsep destinasi wisata halal bukan menuju pada sistem pelayanan yang syar’i. Melainkan penerapan nilai-nilai agama di setiap sisi destinasi wisata di Malang.

“Jadi bukan berarti ketika belanja dipasar yang laki-laki yang belanja, pramuniaganya juga laki-laki. Tapi, kita lebih mengarahkan pada prosesnya. Daging sapi kan halal, tapi ketika penyembelihannya tidak sesuai syariat agama kan menjadi bangkai namanya,” imbuhnya.

Terkait hal tersebut, penerapan konsep wisata halal ini juga mengacu pada sisi kuliner, tempat-tempat wisata dan hotel. Bahkan nantinya akan ada juga tim verifikasi khusus dalam pembuktian destinasi wisata halal di Malang Raya.



“Sisi kuliner ini misalnya, kami ingin makanan yang disajikan di area wisata dan perhotelan terjamin kehalalannya. Karena halal ini ada dua presisi, tidak hanya dari substansi, tapi pengolahannya pun juga diperhatikan. Makannya kita siapkan juga tim verifikasi,” kata lelaki berkacamata tersebut.

Lebih lanjut, ia mengatakan destinasi wisata halal diharapkan bisa menarik wisatawan muslim untuk lebih merasakan kenyamanan berwisata di Malang. “Tahapan-tahapan destinasi wisata halal ini Insya Allah sebelum 99 hari kerja kami akan tercapai. Semoga semakin bisa memberikan referensi dan menarik wisatawan asing khususnya yang muslim,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Arifina
Penyunting : Shuvia Rahma