Bawaslu Periksa Oknum Ketua RW yang Diduga Nyoblos Dua Kali

JawaPos.com – Bawaslu Kota Makassar intens memeriksa seorang oknum ketua RW di Kelurahan Pandang Kecamatan Panakukang. Oknum RW tersebut diduga menyalurkan hak pilihnya sebanyak dua kali saat coblosan Pemilu 2019, Rabu lalu (17/4).

“Sekarang prosesnya sudah berjalan di Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Kalau kami sudah memprosesnya secara administrasi,” terang Ketua Bawaslu Makassar Nursari, Selasa (23/4).

Aksi dugaan kecurangan itu pertama kali ditemukan oleh salah seorang warga setempat yang mencoblos di TPS 06. Padahal, oknum RW tersebut sebelumnya sudah menyalurkan hak suaranya di TPS 02. Warga lantas melapor ke Bawaslu.

Selain melakukan pemeriksaan, Bawaslu juga telah merekomendasikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar agar dua TPS itu dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).



“Sudah kami rekomendasikan ke KPU. Selain di TPS tersebut, di Kecamatan Panakukang ada juga satu TPS yang direkomendasikan PSU,” terang Nursari.

Di sisi lain, Bawaslu sejauh ini telah merekomendasikan lima TPS di Kota Makassar untuk melakukan PSU. Rinciannya masing-masing 2 TPS di Kecamatan Panakukang dan 3 TPS dari Kecamatan Mariso.

Rekomendasi PSU ini disebabkan karena banyaknya pemilih yang tidak memiliki formulir A5 tetapi tetap mencoblos karena membawa e-KTP. Hingga kini masih ada 6 TPS di Makassar yang berpotensi untuk melakukan pemungutan suara ulang.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan