Bawaslu Kabupaten Malang Buka Lowongan Panwascam, Ini Nominal Gaji yang Ditawarkan

KEPANJEN – Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Malang mulai bergerak untuk menyukseskan Pilbup (Pemilihan Bupati) Malang 2020.

Sebagai tahap awal, Bawaslu Kabupaten Malang membuka rekrutmen Panwascam (Pengawas Pemilihan Kecamatan).

“Kita membutuhkan tiga orang Panwascam per kecamatan,” tutur Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Malang, George da Silva, di Kantor Bawaslu Kabupaten Malang, Selasa, (19/11).

Selain tiga orang Panwascam yang berasal dari pihak swasta dengan rincian satu ketua dan dua anggota, dua orang dari ASN Kecamatan juga harus masuk di dalam pokja Panwascam per kecamatan. Total, Kabupaten Malang memiliki 33 kecamatan.

“Dua orang harus ASN sebagai sekretaris dan bendahara, tiga swasta sebagai pendukung,” paparnya.

Ya, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Malang memang bakal digelar tahun depan. Panwascam ini dibutuhkan sebagai salah satu tahapan menuju Pilbup Malang 2020 sekaligus Peraturan Bawaslu Nomor 19 Tahun 2017.

“Jadi paling kurang kita terima berkas seleksi 10 orang per kecamatan, baru itu kita seleksi,” tambahnya.

Hingga Selasa, (19/11) Bawaslu sudah bergerak ke kecamatan-kecamatan untuk menyosialisasikan penerimaan Panwascam. Selebaran penerimaan ditempel di tiap kecamatan oleh petugas.

“Sekarang fasenya masih fase pengumuman pendaftaran, 27 November sampai 5 Desember baru penerimaan berkas masuk,” ujar George.

Pendaftar akan di tes menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) dari Bawaslu Pusat di seleksi tahap pertama.

Syarat pelamar, menurut George, pada saat mendaftar harus berusia paling rendah 25 (dua puluh lima) tahun dan tidak boleh terikat Parpol (Partai Politik) 5 tahun kebelakang.

“Juga harus mencantumkan SKCK, bebas narkoba, dan surat keterangan sehat,” kata George.

Usai terpilih, Panwascam akan diberi pelatihan langsung oleh Bawaslu Kabupaten Malang pada 22 Desember 2019.

“Panwascam akan bertugas hingga satu bulan setelah Pilkada 2020 usai. Totalnya 10 bulan, jadi sampai dengan Oktober 2020, tapi itu diluar kalau ada PSU (Pemungutan Suara Ulang),” tutupnya.
?
Ketua Panwascam akan digaji Rp 2,2 Juta, sedang Anggota Panwascam digaji Rp 1,9 Juta selama bekerja. Pengawas Desa akan mendapat honor Rp 1,5 Juta.

Panwascam, Pengawas Lapangan hingga Pengawas TPS diakui George akan didaftarkan asuransi kecelakaan, serta kematian.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Editor: Indra M
?