Bawaslu Batu Copot Paksa APK Liar

KOTA BATU – Peringatan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di sembarang tempat nyatanya tak diindahkan calon legeslatif (caleg) atau partai politik (parpol) di Kota Batu. Selama dua hari sejak Selasa ( 20/11) hingga Rabu (21/11) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu berkeliling melakukan razia pencopotan APK, hasilnya puluhan APK liar dibersihkan di area Kota Batu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun tim radarmalang.id, aksi penertiban APK ini dilakukan lantaran caleg atau tim sukses memasang atribut kampanye di tempat-tempat yang dilarang dan tidak melakukan koordinasi dengan partainya.

“Mereka tidak melakukan koordinasi dengan partainya, pemasangannya pun di tempat yang dilarang. Fasilitas umum dan sekolah ini kan jelas tidak diperbolehkan, ini yang kami copot,” ujar Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman.

APK yang telah ditertibkan tim Bawaslu diantaranya yang terpasang di pohon, tiang telepon, tiang listrik, di angkot, dan fasilitas umum lainnya.

Hingga saat ini, puluhan APK telah dicopot dari yang berbentuk banner, stiker, spanduk, baliho dan yang lainnya. Ia menghimbau untuk caleg maupun partai agar tertib dalam memasang APK.



“Perhatikan dengan tertib mana lokasi-lokasi yang diperbolehkan dan tidak. Jangan lupa untuk berkoordinasi dengan kami maupun KPU,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Foto: Darmono
Penyunting : Fia