Batuk Berbulan-Bulan Tak Kunjung Sembuh, Ciri Kanker Paru-paru?

JawaPos.com – Batuk yang sudah terlalu lama jangan dianggap sepele. Sebab batuk berkepanjangan bisa menjadi salah satu gejala awal penyakit kanker paru-paru. Gejalanya bahkan juga mirip seperti penyakit tuberkulosis (TBC).

Lalu bagaimana membedakannya? Apakah batuk berbulan-bulan sudah pasti kanker paru-paru?

Kanker paru-paru adalah pertumbuhan tidak terkontrol secara tidak normal dari sel paru. Gejala kanker paru bisa diawali dengan batuk dan penurunan berat badan yang memang cukup sulit dibedakan dengan TBC.

Meski begitu Dokter Penyakit Dalam dari Fakuktas Kedokteran Universitas Indonesia/ Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) Divisi Respirologi dan Penyakit Kritis dr. Mira Yulianti mengungkapkan kemungkinan lainnya dari penyakit batuk yang tak kunjung sembuh. Menurutnya, batuk berkepanjangan belum tentu gejala kanker paru-paru.

Menurut Mira, ada tiga penyebab yang paling sering untuk batuk kronik. Di antaranya, GERD (Gastroesophageal reflux syndrome), UACS (Upper Airway Cough Syndrome), dan Asma.

“Jadi batuk tidak selalu masalahnya dari paru-paru,” katanya.

Mira melanjutkan, selain kanker atau TBC, ada beberapa penyakit lainnya yang juga bisa dialami paru-paru hingga berakibat batuk yang berkepanjangan. Tiga hal tersebut adalah infeksi oleh jamur maupun virus, penyakit paru obstruktif kronik, dan penyakit paru-paru interstisial.

Meski demikian, Mira menegaskan lagi bahwa Indonesia adalah negara endemis TBC. Maka, jika ada orang yang sudah mengalami batuk kronik lebih dari 8 minggu, kemungkinan orang tersebut terkena TBC juga sangat mungkin. Maka, hal ini tidak bisa dianggap sepele dan harus segera dievaluasi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani