Baru Punya Kartu Kredit Pertama Kali? Lakukan ini

JawaPos.com – Ingin beli barang ini dan itu secara serempak? Tak perlu tunggu lama hingga uang terkumpul. Sekarang Anda bisa gunakan kartu kredit untuk membeli semua barang yang dibutuhkan. Pilih barang, masukkan barang ke dalam keranjang belanja, dan bayar barang belanjaan menggunakan kartu kredit. Praktis, bukan?

Melihat kemudahan yang ditawarkan kartu kredit, Anda yang belum punya kartu kredit pasti ingin segera apply untuk menikmati semua kemudahan tersebut. Agar kartu kredit pertama Anda tidak merusak kondisi finansial nanti, coba lakukan ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ketahui Kebutuhan Utama Anda
Apa tujuan utama Anda membuat kartu kredit? Sekadar buat belanja sajakah atau untuk menggeluti hobi?
Cari tahu kebutuhan utama Anda terlebih dahulu agar kartu kredit berfungsi secara maksimal saat digunakan nanti. Apalagi jenis kartu kredit yang ditawarkan pihak bank berbeda-beda.

Bagi yang hobi travelling, kartu kredit berjenis airmiles sangat cocok buat Anda. Setiap mileages yang terkumpul bisa ditukarkan untuk upgrade kelas penerbangan tanpa harus membayar biaya tambahan atau justru mendapatkan tiket pesawat gratis.



Begitu juga dengan Anda yang hobi belanja. Pilihlah kartu yang menawarkan banyak cashback sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran untuk belanja.

2. Hindari Kartu Kredit dengan Suku Bunga Tinggi
Selanjutnya, perhatikan tingkat suku bunga kartu kredit. Pastikan suku bunganya masih dalam kategori wajar yaitu 2,95 persen-5 persen per bulan, sehingga tidak memberatkan kondisi finansial Anda nantinya.

Jika menurut Anda suku bunga bank sangat tinggi, jangan ragu untuk menegosiasikannya dengan pihak bank agar mendapatkan keringanan.

Jika bank tidak mengabulkan permintaan keringanan suku bunga, lebih baik beralih ke bank penerbit kartu kredit lain. Masih banyak bank yang menawarkan benefits sama. Anda hanya perlu lebih teliti dan cermat saja saat mencarinya.

3. Bayar Cicilan secara Teratur
Permohonan pembuatan kartu kredit disetujui? Bagus! Sekarang Anda sudah bisa menggunakannya untuk keperluan sehar-hari. Tapi, jangan hanya tahu memakai saja. Bayar juga cicilan yang dibebankan kepada Anda setiap bulan agar cepat lunas.

Pembayaran cicilan secara tertib akan membuat riwayat kredit bagus. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengajukan cicilan pada periode berikutnya, meskipun nominalnya sangat besar.

Lain halnya apabila riwayat kredit Anda tidak beres. Jangankan mengajukan cicilan dalam jumlah besar, dalam jumlah kecil saja belum tentu disetujui oleh bank. Apalagi jika tidak menyerahkan barang apapun sebagai jaminannya.

4. Hati-hati saat Transaksi ‘Online’
Jangkauan transaksi kartu kredit sangat luas. Beberapa di antaranya bahkan bisa digunakan untuk bertransaksi di luar negeri. Tapi, Anda harus lebih berhati-hati menggunakannya, khususnya saat transaksi secara online.

Tak sedikit tindak kejahatan yang berkedok toko online dengan menyediakan pembayaran menggunakan kartu kredit untuk menipu pelanggan. Pastikan online shop atau website tempat Anda berbelanja terpercaya, sehingga transaksi kartu kredit pun aman.

5. Simpan Struk Transaksi Kartu Kredit
Di mana pun Anda berbelanja dan berapapun nominal belanjaannya, jangan pernah membuang bukti transaksinya. Jika suatu saat nominal yang dibayarkan lebih besar daripada nominal yang seharusnya, Anda bisa mengajukan komplain kepada bank penerbit kartu kredit agar bank melakukan pengecekan ulang.
Selain itu, bukti transaksi juga akan membantumu untuk memantau arus pengeluaran setiap bulan. Alhasil, kondisi finansial tetap sehat walaupun Anda sering bertransaksi menggunakan kartu kredit.

6. Cek Kemampuan Keuangan dan Batasi Pengeluaran
Ketahui kemampuan finansial Anda yang sesungguhnya sebelum akhirnya apply kartu kredit. Sebab, kualifikasi yang tidak sesuai hanya akan menambah pengeluaran yang ujung-ujungnya dapat menjerumuskan Anda pada ketidakstabilan finansial.

Agar pengeluaran lebih terkontrol, sebaiknya batasi pengeluaran menggunakan limit. Ada beberapa limit kartu kredit yang bisa Anda pilih, seperti Rp 5 juta, 7,5 juta, 10 juta, 15 juta, hingga ratusan juta per bulan.

7. Lakukan Transaksi Minimal Sekali Sebulan
Meminimalisir penggunaan kartu kredit memang bagus untuk meminimalisir utang. Tapi, jangan sampai absen dalam menggunakan kartu kredit. Hal ini akan memicu terjadinya pemblokiran oleh pihak bank jika kartu kredit tidak dipakai selama tiga bulan berturut-turut.

Selain itu, hal ini dapat memicu membengkaknya annual fee setiap tahun. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan kartu kredit setiap bulan minimal sekali dalam sebulan.

8. Bijaklah dalam Menggunakan Kartu Kredit
Bijak dalam menggunakan kartu kredit sangat penting agar merasa tak dirugikan. Karena sejatinya penggunaan kartu kredit yang tepat justru malah menguntungkan.

Meski sudah mempunyai kartu kredit, jangan pernah lupa untuk membawa uang tunai ke mana pun kamu pergi. Uang tunai ini sangat penting untuk membayar pengeluaran kecil-kecilan, seperti uang parkir dan uang toilet.

Editor : Mohamad Nur Asikin