Baru Delapan Bulan, Danrem 083 Berganti Lagi

MALANG KOTA – Rotasi di posisi Komandan Korem 083/Baladhika Jaya begitu cepat. Baru delapan bulan sejak Januari 2017 lalu dijabat Kolonel Arm Budi Eko Mulyono, sejak kemarin (21/8) tongkat pimpinan di Korem 083 berganti lagi.

Posisi Danrem 083 saat ini diisi Kolonel Inf Bangun Nawoko. Serah terima jabatan telah dilakukan di Makorem 083/Bdj di Jl Bromo No 17 Kota Malang kemarin pagi.

Usai serah terima, siang harinya acara ramah tamah dengan jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) bergeser ke Hotel Harris. Hadir dalam acara tersebut di antaranya, Wali Kota Malang Moch. Anton, Wakil Bupati (Wabup) Malang Sanusi, Kapolres Malang Kota AKBP Hoiruddin Hasibuan, Danlanal Kol Gendut Sugiono, Kajendam V/Brawijaya Kol CAj Endi Zubaidi Ansori, tokoh masyarakat, serta para pejabat militer di wilayah Korem 083 yang meliputi Pasuruan, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo, dan Probolinggo.

Dalam kesempatan itu, Bangun Nawoko menyampaikan, selama bertugas di Malang, dia tidak mungkin mampu menjalankan tugasnya sendirian. Butuh kerja sama dari semua pihak. Karena itu, pria asal Temanggung, Jawa Tengah, tersebut  menggandeng seluruh tokoh masyarakat dari berbagai elemen. ”Selama kami bertugas, harus ada sinergitas itu,” tandas Bangun Nawoko kemarin.

Bentuk sinergitas itu apa saja? Bangun menambahkan jika salah satunya karena ada saling koreksi dan evaluasi. Artinya, jika dari TNI ada yang salah, semua punya hak untuk mengingatkan. Jadi, kesalahan itu tidak sampai menjadi persoalan yang lebih besar. ”Ini agar semuanya bisa menjadi lebih baik,” tandas mantan Asisten Operasi (Asops) Kakostrad ini.



Sementara itu, Kol Arm Budi Eko Mulyono menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap dukungan semua kalangan selama dia menjabat di Malang. ”Saya senang dengan Malang yang guyub dan rukun,” ucap pria asal Pasuruan tersebut.

Selama di Malang, dia terkesan dengan Ratjoen Cycling Club (RCC), salah satu klub gowes terbesar di Malang Raya. Kebetulan, Budi Eko menjadi salah satu anggotanya. Bahkan, dia aktif nggowes bareng RCC. Beragam event gowes telah dia ikuti. Salah satunya Grand Fondo East Java, event gowes yang digelar Jawa Pos pada Mei 2017. ”Saya memberi apresiasi kepada RCC yang begitu kompak,” tandas perwira yang akan bertugas di Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pusenarmed) ini.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Malang Moch. Anton berpesan, meski pimpinan Korem 083 berganti, tapi jalinan kebersamaan antarmasyarakat harus tetap terjaga. Bahkan, kalau perlu terus ditingkatkan. Sebab, selama ini di Malang Raya, khususnya Kota Malang, imbuh Anton, kondisinya sudah cukup kondusif. ”Keberhasilan sebuah kota itu semuanya berawal dari kebersamaan dan kerja sama seperti yang dilakukan selama ini,” ungkap Anton.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Abdul Munthalib
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto Bayu Eka